POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DENGAN WARIA DI PONDOK PESANTREN KHUSUS AL-FATAH SENIN KAMIS (Studi Kasus Di Desa Notoyudan, Sleman, Yogyakarta)


Roudlotul Jannah Sofiyana , 1201408014 (2013) POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DENGAN WARIA DI PONDOK PESANTREN KHUSUS AL-FATAH SENIN KAMIS (Studi Kasus Di Desa Notoyudan, Sleman, Yogyakarta). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DENGAN WARIA DI PONDOK PESANTREN KHUSUS AL-FATAH SENIN KAMIS (Studi Kasus Di Desa Notoyudan, Sleman, Yogyakarta)]
Preview
PDF (POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DENGAN WARIA DI PONDOK PESANTREN KHUSUS AL-FATAH SENIN KAMIS (Studi Kasus Di Desa Notoyudan, Sleman, Yogyakarta))
Download (779kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Profil waria dalam ponpes khusus Al-Fatah Senin Kamis di Yogyakarta (2) Pola interaksi sosial antara waria dengan masyarakat di ponpes khusus Al-Fatah Senin Kamis di Yogyakarta (3) Persepsi masyarakat sekitar tentang ponpes khusus Al-fatah Senin Kamis di Yogyakarta (4) Solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi di ponpes khusus Al-fatah Senin Kamis di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan profil waria dalam ponpes khusus Al-Fatah Senin Kamis (2) mendeskripsikan pola interaksi sosial antara waria dengan masyarakat di ponpes khusus Al-fatah Senin Kamis (3) mendeskripsikan persepsi masyarakat tentang ponpes khusus Al-Fatah Senin Kamis (4) mendeskripsikan solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi di ponpes khusus Al-fatah Senin Kamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara objektif suatu pola interaksi sosial yang terjadi antara masyarakat dengan waria di ponpes khusus Al-Fatah senin kamis di Yogyakarta. Lokasi penelitian di ponpes khusus Al-Fatah senin kamis Notoyudan, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian meliputi lima orang informan, yaitu dua waria yang berada di ponpes tersebut, satu pengasuh, dua warga masyarakat sekitar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah didapatkannya gambaran tentang pola interaksi sosial antara masyarakat dengan waria yaitu melalui beberapa bentuk-bentuk yang digolongkan menjadi dua yaitu proses asosiatif dan proses disasosiatif. Dalam proses asosiatif ada kerjasama, akomodasi, asimilasi. Sedangkan proses disasosiatif ada persaingan, kontraversi, dan pertentangan. Solusi pemecahan masalah tentang ponpes khusus al-fatah senin kamis yaitu dengan mengadakan musyawarah untuk mencari jalan keluar terhadap masalah-masalah yang terjadi. Simpulan dalam penelitian ini yaitu pola interaksi antara waria dengan masyarakat sangat baik, tidak pernah terjadi pertentangan dan pertikaian yang serius. Pengurus pondok pesantren khusus Al-Fatah senin kamis di Yogyakarta: hendaknya tetap melaksanakan aktivitas/ kegiatan pondok pesantren sebagaimana biasanya, namun harus lebih sistematis dan memperbaiki pola koordinasinya dengan pihak-pihak yang menaungi komunitas waria.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola interaksi sosial, Ponpes Khusus Waria, Waria
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:39
Last Modified: 07 Oct 2013 10:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item View Item