KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus Warga Belajar Paket C Pada Kursus Tata Kecantikan Rambut di SKB Grobogan Jawa Tengah Tahun 2012)


Wahyu Dwi Setyaningrum , 1201408006 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus Warga Belajar Paket C Pada Kursus Tata Kecantikan Rambut di SKB Grobogan Jawa Tengah Tahun 2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus Warga Belajar Paket C Pada Kursus Tata Kecantikan Rambut di SKB Grobogan Jawa Tengah Tahun 2012)]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus Warga Belajar Paket C Pada Kursus Tata Kecantikan Rambut di SKB Grobogan Jawa Tengah Tahun 2012))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaiut: 1) Bagaimana proses pembelajaran program pendidikan kewirausahaan pada kursus tata kecantikan rambut di SKB Grobogan; 2) Bagaimana keefektifan pembelajaran program pendidikan kewirausahaan pada kursus tata kecantikan; 3) Apa saja kendala dalam pembelajaran; 4) Bagaimana cara mengatasi kendala dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran program pendidikan kewirausahaan pada kursus tata kecantikan rambut di SKB Grobogan; 2) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran program pendidikan kewirausahaan; 3) Untuk mengetahui kendala dalam pembelajaran; 4) Untuk mengetahui cara mengatasi kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di UPTD SKB Grobogan Jl. Kapten Rusdiyat II/49 Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Subyek penelitian berjumlah 9 orang, yang terdiri dari 5 orang warga belajar, 1 tutor kursus, 1 pengelola kursus, 1 tutor paket C dan 1 pengelola paket C. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi : triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik penganalisisan data yang digunakan meliputi : 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) proses pembelajaran ada tiga tahap: a) perencanaan, sudah disesuaikan dengan standart; b) pelaksanaan, ada beberapa yang direncankan tidak terlaksana; c) evaluasi, tertulis dan praktek. 2) keefektifan, pelaksanaan belum sepenuhnya terlaksana. 3) hambatan, susah membawa model untuk praktek kursus. 4) cara mengatasi dengan membujuk dan memberikan imbalan kepada calon model. Berdasarkan simpulan tersebut untuk penelitian selanjutnya disarankan : 1). Sebaiknya mengoptimalkan program kewirausahaan dan menjalin hubungan dengan mitra kerja. 2). Hendaknya lebih konsisten dalam pembelajaran. 3). Hendaknya melengkapi indikator keefektifan seperti keefektifan metode, keefektifan strategi pembelajaran dan keefektifan 8 standar penilaian (standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan pembelajaran, pendidikan kewirausahaan, kursus
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:40
Last Modified: 07 Oct 2013 10:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item