PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BONGKOK 01 KABUPATEN TEGAL


Shella Permatasari, 1401409245 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BONGKOK 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BONGKOK 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BONGKOK 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bongkok 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam masih rendah. Hal itu disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru yang cenderung kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan siswa sekolah dasar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan penerapan model pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian yakni siswa kelas V SD Negeri Bongkok 01 kecamatan Kramat kabupaten Tegal. Desain penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui: lembar kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan II, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, serta lembar pengamatan performansi guru. Metode TPS dikatakan efektif untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas,dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA apabila, nilai performansi guru ≥ 71, nilai rata-rata aktivitas belajar ≥ 75%, hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas ≥ 70 dan persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%. Hasil penelitian siklus I mendapatkan nilai performansi guru mencapai 81,59 dan siklus II meningkat menjadi 85,93. Nilai rata-rata aktivitas belajar siklus I mencapai 66,57, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,68. Nilai ratarata kelas mencapai 80,00 dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,34%. Siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas yakni menjadi 81,87 dan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 91,66%. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bongkok 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif Think Pair Share dan hasil belajar sumber daya alam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:38
Last Modified: 07 Oct 2013 10:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17147

Actions (login required)

View Item View Item