PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN KALIGAYAM 02 KABUPATEN TEGAL


Muhamad Farid, 1401409015 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN KALIGAYAM 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN KALIGAYAM 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN KALIGAYAM 02 KABUPATEN TEGAL)
Download (697kB) | Preview

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar adalah matematika. Matematika diajarkan di sekolah dasar bersifat deduktif dan objek kajiannya abstrak. Jika sifat matematika ini dikaitkan dengan taraf berpikir siswa sekolah dasar yang masih berada dalam taraf operasional konkrit, maka akan terjadi kesenjangan yang berakibat kegagalan dalam mempelajarinya. Kegagalan tersebut ditandai dengan rendahnya hasil belajar seperti yang dialami siswa kelas IV SD Negeri Kaligayam 02. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan model konvensional dalam pembelajarannya sehingga pemahaman siswa tentang konsep sangat lemah. Berdasarkan uraian di atas penulis berusaha meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik berbasis teori Bruner. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana model pembelajaran matematika realistik berbasis teori Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru dalam materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD Negeri Kaligayam 02. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kaligayam 02 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus, masingmasing siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dan performansi guru. Indikator keberhasilan yang dicapai yaitu hasil tuntas belajar klasikal (nilai≥62) mencapai 70%, nilai aktivitas siswa 70% dan nilai performansi guru minimal 71 (B). Berdasarkan analisis data penelitian siklus I ketuntasan belajar klasikal baru mencapai 50% dengan nilai rata-rata kelas 63,3, sedangkan siklus II meningkat menjadi 79,2% dengan nilai rata-rata kelas 75,4. Selain itu aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 63,2 % siklus I menjadi 78,7% siklus II. Begitu juga dalam performansi guru dari 70 siklus I meningkat menjadi 83. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik berbasis teori belajar Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, operasi hitung bilangan bulat, Matematika Realistik, Teori Belajar Bruner.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:39
Last Modified: 01 Oct 2013 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17145

Actions (login required)

View Item View Item