PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODELING THE WAY DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 01 SEMARANG

ANESTASIA WAHYU TIARASARI, 1401409240 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODELING THE WAY DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODELING THE WAY DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV SDN MANGKANGKULON 01 SEMARANG)
Download (3144Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal peneliti di kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa tentang me-nulis aksara Jawa yang belum optimal. Selain itu aktivitas siswa rendah, hal ini di-tunjukkan oleh kurang adanya interaksi aktif antara guru dan siswa. Guru belum optimal dalam menggunakan media saat menyampaikan materi. Ketuntasan hasil belajar klasikal hanya mencapai 44,4%. Guna meningkatkan kualitas pembela-jaran bahasa Jawa di kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Semarang, peneliti mene-rapkan model pembelajaran Modeling The Way dengan media flashcard. Model pembelajaran Modeling The Way adalah kegiatan mendemonstrasikan dengan cara memberikan contoh cara melakukannya, sehingga siswa dapat secara langsung melihat dan mempraktikkannya berdasarkan contoh dari guru. Media flashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25x30 cm. Rumusan masalah dalam penelitian yang dikaji yaitu “bagaimanakah cara me-ningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SDN Mangkang-kulon 01 Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keteram-pilan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Modeling The Way dengan media Flashcard. Penelitian ini menggunakan tiga si-klus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, ob-servasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis des-kripstif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Keterampilan guru siklus I mendapatkan skor 25 kategori cukup, pada siklus II skor 31 kategori baik, dan siklus III meningkat dengan skor 36 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 13,4 kategori cukup, pada siklus II skor 15 kategori baik, dan siklus III meningkat dengan skor 18 kategori baik. (3) keterampilan menulis aksara Jawa siswa siklus I mendapatkan skor 7,81 kategori cukup, pada siklus II skor 9,08 kategori cukup, dan siklus III meningkat dengan skor 11,54 kategori baik. (4) Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 61,1% pada siklus II menjadi 72,2%, dan meningkat pada siklus III menjadi 83,3%. Simpulan pene-litian ini adalah penerapan Modeling The Way dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SDN Mangkangkulon 01 Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, aksara Jawa, Modeling The Way, flashcard
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 06:41
    Last Modified: 07 Oct 2013 06:41

    Actions (login required)

    View Item