RELEVANSI KURIKULUM JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DENGAN DUNIA KERJA (STUDI KASUS GURU TIK, DINAS PENDIDIKAN, DAN LEMBAGA DIKLAT)


Farri Salsabilla , 1102409015 (2013) RELEVANSI KURIKULUM JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DENGAN DUNIA KERJA (STUDI KASUS GURU TIK, DINAS PENDIDIKAN, DAN LEMBAGA DIKLAT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RELEVANSI KURIKULUM JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DENGAN DUNIA KERJA (STUDI KASUS GURU TIK, DINAS PENDIDIKAN, DAN LEMBAGA DIKLAT)]
Preview
PDF (RELEVANSI KURIKULUM JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DENGAN DUNIA KERJA (STUDI KASUS GURU TIK, DINAS PENDIDIKAN, DAN LEMBAGA DIKLAT))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Relevansi Kurikulum Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dengan Dunia Kerja (Studi Kasus Guru Tik, Dinas Pendidikan, dan Lembaga Diklat). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat relevansi kurikulum pada Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang dilihat dari mata kuliah yang terdapat pada struktur kurikulum dengan dunia kerja alumninya yang bekerja sebagai Guru TIK, yang bekerja di Dinas Pendidikan, dan Lembaga Diklat. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dengan subyek 6 orang alumni Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah yang paling atau secara langsung mendukung dalam dunia kerja alumni pada semua bidang pekerjaan, yaitu mata kuliah Pembelajaran TIK, Pembelajaran Berbasis Komputer, Pengembangan Media Video, Pengantar Komunikasi, Profesionalisasi Pengembangan Kurikulum, Pembinaan Kurikulum, Evaluasi Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Perencanaan Pendidikan, dan Manajemen Sistem Kepelatihan. Tingkat relevansi kurikulum dengan dunia kerja berbeda untuk tiap bidang pekerjaan, hal tersebut terlihat dalam pilihan mata kuliah yang dipilih oleh para subyek. Pada bidang pekerjaan Guru TIK tingkat relevansinya sebanyak 78%, bidang pekerjaan di Dinas Pendidikan tingkat relevansinya sebanyak 53%, dan bidang pekerjaan di Lembaga Diklat tingkat relevansi nya sebanyak 29%. Berdasarkan hasil penelitian itu direkomendasikan untuk semua mata kuliah yang perlu ditambahkan, bisa dilakukan penataan kurikulum konsentrasi atau mata kuliah pilihan yang sesuai dengan bidang-bidang pekerjaan tersebut agar pada saat pengambilan mata kuliah sudah terarah pada sebuah bidang pekerjaan tertentu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Relevansi Kurikulum, Dunia Kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:41
Last Modified: 07 Oct 2013 10:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17141

Actions (login required)

View Item View Item