PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENGARE KABUPATEN PEKALONGAN


David Yoga Hardiyanto , 1102409012 (2013) PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENGARE KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENGARE KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENGARE KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah berorientasi pada penggunaan media pembelajaran yang menggunakan media berbasis komputer. Padahal tidak semua daerah di Indonesia sudah mempunyai sarana dan prasarana yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran berbasis media komputer sehingga pembelajaran terbatasi oleh adanya sarana dan prasarana tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan Mind Mapping sebagai media dapat meningkatkan kemampuan belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Sengare Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan media, 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, 3) untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus, dimana masing-masing siklus melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sengare yang berjumlah 30 siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes penilaian posttest, dengan lembar observasi aktivitas siswa sebagai pendukung. Analisis data hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I dapat diketahui bahwa nilai rata-rata 53,57 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 25%. Setelah tindakan siklus II nilai rata-rata 72,31 dengan ketuntasan belajar klasikal 76,92%, sedangkan nilai rata-rata pada siklus III 89,64 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 96,43%. Hasil analisis aktivitas siswa pada tindakan siklus I diperoleh hasil 60% dengan kriteria cukup. Aktivitas siswa pada siklus II mencapai 73,33% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus III mencapai 87% dengan kriteria amat baik. Dari analisis data penelitian dengan judul Penerapan Mind Mapping sebagai Media dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sengare dapat meningkatkan kemampuan belajar serta aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru memanfaatkan media Mind Mapping dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman siswa serta meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Media, IPA, Kemampuan Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:42
Last Modified: 07 Oct 2013 10:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17140

Actions (login required)

View Item View Item