PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI


Ovi Yuliana , 1102409001 (2013) PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter perlu diberlakukan dengan mengoptimalkan peran sekolah. Pihak sekolah bekerja sama dengan keluarga, masyarakat, dan elemen bangsa yang lain demi mensukseskan agenda besar menanamkan karakter kepada peserta didik sebagai calon penerus bangsa di masa yang akan datang. SMAN 1 Juwana Pati. SMA sedang melaksanakan pendidikan karakter atau membangun karakter yang telah berjalan sekitar tiga tahun, seperti membangun budaya sekolah itu sendiri bahkan dalam sebagian mata pelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bentuk pendidikan karakter yang komprehensif; 2) mengetahui model pembelajaran matematika; dan 3) mengetahui proses pendidikan karakter yang terintegrasi dengan pembelajaran Matematika kelas X SMA Negeri 1 Juwana. Responden meliputi kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru mata pelajaran Matematika, serta siswa kelas X. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data penelitian diuji dengan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter secara komprehensif dilakukan dalam 3 bentuk kegiatan yaitu : a) Proses pembelajaran; b) Manajamen sekolah; dan c) Kegiatan pembinaan kesiswaan. Model Pembelajaran yang digunakan oleh guru Matematika di SMA N 1 Juwana Pati adalah model cooperatif Learning tipe STAD karena dapat memperlihatkan nilai-nilai karakter seperti kerjasama, tanggungjawab, pantang menyerah, bekerja keras. Integrasi pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran Matematika di SMA N 1 Juwana Pati dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dimana nilai-nilai karakter yang ditanamkan dan dikembangkan oleh guru matematika adalah religius, disiplin, kejujuran, pantang menyerah, rasa ingin tahu yang tinggi dan tanggung jawab. Saran yang dapat peneliti berikan adalah pengembangan nilai-nilai karakter yang diharapkan oleh pihak sekolah dan guru hendaknya tidak hanya dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan lingkungan sekolah saja. Tetapi juga dilingkungan keluarga dan masyarakat. Hal ini dapat dilakukan melalui komite sekolah dan pertemuan wali murid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Matematika, pendidikan karakter, proses pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:42
Last Modified: 07 Oct 2013 10:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17139

Actions (login required)

View Item View Item