IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS X SMA NEGERI 1 WELAHAN KABUPATEN JEPARA


Dewi Rohmah , 1102408040 (2012) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS X SMA NEGERI 1 WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS X SMA NEGERI 1 WELAHAN KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS X SMA NEGERI 1 WELAHAN KABUPATEN JEPARA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu upaya yang direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik agar menjadi manusia yang mempunyai tingkah laku/perilaku baik. Pendidikan karakter di SMAN 1 Welahan secara implisit sudah diterapkan dimasing-masing mata pelajaran, sedangkan secara eksplisit misalkan melalui upacara setiap hari senin maupun hari besar nasional. Dalam mata pelajaran PKn dan PAI juga sudah diterapkan nilai-nilai karakter dengan cara guru memberi contoh perilaku kepada siswa atau dengan memberi contoh kisah tentang tokoh-tokoh dahulu. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran kelas X SMAN 1 Welahan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi maka perlu diadakan penelitian. Responden meliputi kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru mata pelajaran PKn dan mata pelajaran PAI, serta siswa kelas X SMAN 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data penelitian nantinya akan diuji dengan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter pada proses pembelajaran mata pelajaran PKn dan PAI di kelas X SMAN 1 Welahan kabupaten Jepara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi perencanaan berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diselipi nilai-nilai pembentuk karakter, persiapan sebelum mengajar guru lebih banyak membaca referensi mengenai materi yang akan diajarkan yang sudah ditulis di RPP, sarana dan prasarana untuk mata pelajaran PKn guru menyuruh anak untuk menggunakan internet lewat HP sedangkan untuk gurunya menggunakan laptop, flashdisk, dan powerpoint materi, kemudian untuk mata pelajaran PAI sarana dan prasarana yang dipakai yaitu mushola. Perencanaan pembelajaran di sesuaikan dengan keadaan dan karakteristik siswanya. Metode yang dipakai, sekolah tidak menuntut adanya penerapan metode tertentu dalam pembelajarannya. Metode pembelajaran diserahkan langsung kepada masing-masing guru mata pelajaran karena setiap guru mata pelajaran mempunyai trik-trik dan strategi yang berbedabeda yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah dan siswanya. Proses pembelajaran tidak hanya melibatkan guru yang aktif namun siswa juga harus aktif dalam proses pembelajaran, dengan guru memberi pertanyaanpertanyaan yang mengajak siswa untuk berpikir. Peran guru dalam pembelajaran tidak hanya sebagai pemateri tetapi juga sebagai fasilitator dan motivator bagi para siswa. Kebanyakan guru di SMAN 1 Welahan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab diantaranya guru mata pelajaran PKn dan PAI, metode

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan karakter, proses pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:42
Last Modified: 07 Oct 2013 10:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17138

Actions (login required)

View Item View Item