EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) PADA SISWA KELAS XI DI SMK TEXMACO PEMALANG


Destianingtyas, 1102408032 (2013) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) PADA SISWA KELAS XI DI SMK TEXMACO PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) PADA SISWA KELAS XI DI SMK TEXMACO PEMALANG]
Preview
PDF (EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) PADA SISWA KELAS XI DI SMK TEXMACO PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) pada Siswa Kelas XI di SMK Texmaco Pemalang. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Texmaco Pemalang menunjukkan adanya ketidaksiapan baik dari personal, sarana prasarana, serta belum optimalnya pelaksanaan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembelajaran KKPI dilihat dari sudut perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Stake. Model ini dipilih karena peneliti ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran dari sudut perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMK Texmaco Pemalang dengan jumlah responden sebanyak 152 orang siswa kelas XI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket sebanyak 46 butir yang telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen angket tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran KKPI pada siswa kelas XI di SMK Texmaco Pemalang adalah sebagai berikut: persentase evaluasi terhadap perencanaan pembelajaran KKPI menunjukkan hasil yang cukup baik dengan rata-rata 70,91%, persentase evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran KKPI menunjukkan hasil yang cukup baik dengan ratarata 71,70%, dan persentase evaluasi terhadap pelaksanaan penilaian pembelajaran KKPI menunjukkan hasil yang cukup baik dengan rata-rata 74,82%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran KKPI pada siswa kelas XI di SMK Texmaco Pemalang tergolong cukup baik dengan rata-rata persentase 72,07%. Sebagai bahan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran KKPI selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya guru dapat menyusun modul KKPI sendiri agar disesuaikan dengan kondisi siswa, sarana dan prasarana ditingkatkan terutama jumlah komputer yang digunakan untuk praktek, sebaiknya sekolah dapat menambah waktu pelaksanaan pembelajaran KKPI, serta agar guru dapat memaksimalkan kemampuannya dalam pembelajaran KKPI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pelaksanaan, pembelajaran KKPI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:44
Last Modified: 07 Oct 2013 10:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17137

Actions (login required)

View Item View Item