STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013


Danang Wijayanto, 7101408175 (2013) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Mengatasi kejenuhan siswa belajar akuntansi kompetensi dasarmenyusun laporan keuangan, membutuhkan adanya kreatifitas guru dalam menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang sulitt dipahami oleh siswa. Perlu ada inovasi dalam proses pembelajaran untuk membangun minat siswa pada pelajaran akuntansi. Proses belajar mengajar perlu diterapkan dengan berbagai model pembelajaran yang tepat sehingga mampu membekali siswa ketrampilan belajar dengan penerapan model pembelajaran STAD dan TGT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran TGT pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangansiswa kelas XI IPS SMA Negeri2Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIIPS di SMA Negeri2Pekalongan tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 129 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen I (STAD) dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen II (TGT). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes. Analisa data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap awal (pre test) untuk memadankan kelompok eksperimen I dan II dengan menggunakan uji normalitas, uji kesamaan dua varian, dan uji kesamaan dua rata-rata. Tahap akhir (post test) dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan model pembelajaran STAD dan TGT dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 62,06 dan post-test sebesar 80,24pada kelas eksperimen I. Begitu juga kelas eksperimen II yang menggunakan model problem solving rata-rata nilai pre test 61,75 setelah post test menjadi 85,84. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen II(TGT) lebih tinggi dibandingkan post-test kelas eksperimen I (STAD), penyusun menyarankan agar guru akuntansi dalam pembelajaran kompetensi dasar menyusun laporan keuangan dengan menggunakan model TGT karena terbukti lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan model STAD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi, Model Pembelajaran STAD(Student Teams Achievement Divisions), Model Pembelajaran TGT(Teams Games Tournament), Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:44
Last Modified: 07 Oct 2013 10:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17135

Actions (login required)

View Item View Item