PENGEMBANGAN MODEL TEACHING AIDS BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI DASAR (PTD) STUDI DI SMP NEGERI 1 UNGARAN KAB. SEMARANG


Wahid Khamzawi , 1102408022 (2012) PENGEMBANGAN MODEL TEACHING AIDS BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI DASAR (PTD) STUDI DI SMP NEGERI 1 UNGARAN KAB. SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL TEACHING AIDS BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI DASAR (PTD) STUDI DI SMP NEGERI 1 UNGARAN KAB. SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL TEACHING AIDS BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI DASAR (PTD) STUDI DI SMP NEGERI 1 UNGARAN KAB. SEMARANG)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat pengembangan Model Teaching Aids Berbasis Multimedia pada mata pelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) studi di SMP Negeri 1 Ungaran. Dari hasil observasi awal, kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, hasil belajar masih dibawah KKM dan guru kurang memanfaatkan media dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan Model Teaching Aids Berbasis Multimedia pada mata pelajaran PTD di SMP Negeri 1 Ungaran, serta apakah Model Teaching Aids Berbasis Multimedia efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 1 Ungaran pada mata pelajaran PTD Tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Teaching Aids Berbasis Multimedia pada mata pelajaran PTD dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 1 Ungaran Tahun 2012. Manfaat penelitian ini bagi siswa dapat memahami materi pelajaran PTD, bagi guru sebagai pertimbangan dalam menggunakan media dalam pembelajaran di kelas dan bagi sekolah sebagai perbaikan proses pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan kualitas sekolah yang bersangkutan. Penelitian ini merupakan penelitian R and D (Research and Development). Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan Media Teaching Aids Berbasis Multimedia yang diuji oleh pakar Media dan Materi. Program dinilai dengan metode checklist oleh pakar Media dan Materi, kemudian diujicobakan pada siswa (responden) untuk mengetahui tingkat kelayakan media berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasilnya diolah secara deskriptif persentase. Hasil angket penilaian kelayakan Media diperoleh sebesar 80% Media Teaching Aids Berbasis Multimedia layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Pada saat pretest rata-rata hasil evaluasi nilai kelas VIII-C adalah 6,96 dan kelas VIII-E adalah 8,12. Pada saat postest rata-rata nilai evaluasi kelas VIII-C adalah 8,04 dan kelas VIII-E adalah 8,19. Peningkatan rata-rata nilai dari pretest ke postest kelas VIII-C sebesar 1,84 dan kelas VIII-E sebesar 1,17. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan Model Teaching Aids Berbasis Multimedia pada mata pelajaran PTD efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 1 Ungaran. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar guru menggunakan Model Teaching Aids Berbasis Multimedia dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran PTD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pengembangan, Pendidikan Teknologi Dasar,teaching aids
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:45
Last Modified: 07 Oct 2013 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17134

Actions (login required)

View Item View Item