EVALUASI TERHADAP PROYEK MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA KELAS XII JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG

Alfi Nur Bayti , 1102408021 (2013) EVALUASI TERHADAP PROYEK MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA KELAS XII JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EVALUASI TERHADAP PROYEK MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA KELAS XII JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG)
Download (2141Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan oleh peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran di SMK N 11 Semarang dapat menarik perhatian masyarakat, sekolah yang berstandar internasional (SBI) khususnya siswa kelas multimedia mampu menciptakan banyak karya yang dapat bersaing di pasaran, siswa juga dapat menyalurkan bakat dan minat yang dimilikinya dan untuk kemudian bisa dijadikan modal siswa untuk berwirausaha. Di SMK Negeri 11 Semarang terdapat 4 Jurusan yaitu : persiapan grafika, produksi grafika, multimedia, dan animasi. Empat jurusan tersebut sangatlah menarik, karena semua siswa dapat langsung mengembangkan keahlian dan keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan atau bidang tugas yang akan di hadapinya, selain itu siswa dapat menyalurkan bakat dan minat yang dimilikinya dan untuk kemudian bisa dijadikan modal siswa untuk berwirausaha. Jurusan multimedia SMK N 11 Semarang merupakan jurusan yang mempelajari mengenai desain grafis yang meliputi : pengeditan foto, pembuatan kartu nama dan undangan, media pembelajaran meliputi : media pembelajaran interaktif, pembuatan website atau Laman, dan pembuatan video meliputi : film pendek, film dokumenter. Dalam mengevaluasi hasil proyek siswa kelas XII jurusan multimedia di SMK N 11 Semarang, peneliti menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proses, Produk) dan peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari beberapa langkah yaitu (1) Observasi. (2) Angket. (3) Dokumentasi. Produk hasil project siswa kelas XII jurusan Multimedia di SMK N 11 Semarang telah dikategorikan sangat baik dan layak di pasarkan, dapat dilihat berdasarkan kesesuaian produk terhadap karakteristik user atau pengguna program atau produk sudah sesuai dengan pemanfaatan dan tujuan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan hasil project siswa kelas XII jurusan multimedia di SMK N 11 Semarang. Hasil uji kelayakan produk siswa kelas XII SMK N 11 Semarang pada produk MPI (Media Pembelajaran Interaktif), dengan menunjukan deskriptif presentase 91,82 %, sehingga hasil project siswa kelas XII jurusan multimedia di SMK N 11 Semarang sudah layak dipasarkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: evaluasi, hasil proyek siswa, media pembelajaran interaktif,multimedia
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 06:45
    Last Modified: 07 Oct 2013 06:45

    Actions (login required)

    View Item