PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG PROFESIONAL DI SD NEGERI TRANGKIL 01 PATI TAHUN AJARAN 2011/2012


IFTI MIFTAHULIYANA , 1102407025 (2012) PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG PROFESIONAL DI SD NEGERI TRANGKIL 01 PATI TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG PROFESIONAL DI SD NEGERI TRANGKIL 01 PATI TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG PROFESIONAL DI SD NEGERI TRANGKIL 01 PATI TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diadakan dengan latar belakang masih banyak perpustakaan sekolah yang belum mampu memperhatikan aspek pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan siswa serta guru sebagai pengguna dalam memanfaatkan segala fasilitas yang ada di perpustakaan. Fokus penelitian ini meliputi : (1) kegiatan manajemen perpustakaan, (2) kegiatan pengelolaan buku perpustakaan, (3) kegiatana administrasi perpustakaan, (4) kegiatan ruang dan kelengkapan perpustakaan, (5) kegiatan pengembangan dan pembinaan minat baca. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perpustakaan, pengelolaan buku perpustakaan, administrasi perpustakaan, ruang dan kelengkapan perpustakaan, serta pengembangan dan pembinaan minat baca di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Keberadaan informan sebagai informasi kunci yang akan diwawancarai secara mendalam sangat dibutuhkan. Sumber informan ini adalah para informan yang berkompeten dan mempunyai relevansi dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun prosedur analisis data yang ditempuh meliputi : (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan deskripsi dan pembahasan hasil dapat di tarik kesimpulan, pertama : Manajemen perpustakaan di SD Negeri Trangkil 01 Pati terkait dengan pemberdayaan perpustakaan sekolah yang profesional sudah meliputi ; (a) planning, (b) organizing, (c) actuating, dan (d) controlling. Namun manajemen perpustakaan sekolah ini belum bisa dikatakan profesional karena masih terdapat penyimpangan dalam kegiatan actuating yaitu pengabaian kesejahteraan pegawai, dan controlling yaitu pembengkakan dana dalam hal pengadaan buku, barang. Kedua : Pengelolaan buku perpustakaan di SD Negeri Trangkil 01 Pati sudah bisa dikatakan profesional karena sudah dijalankan sesuai dengan prosedur yang telah ada. Ketiga : Administrasi perpustakaan di SD Negeri Trangkil 01 Pati terbagi dua yaitu administrasi kesekretariatan dan kepegawaian. Secara garis besar administrasi kesekretariatan sudah bagus karena semua kelengkapan administrasi tersedia dan telah dijalankan. Namun administrasi kepegawaian kurang baik disebabkan masalah dalam hal pemberian insentif. Oleh karena itu administrasi perpustakaan ini tidak bisa dikatakan profesional mengingat masih adanya penyimpangan yaitu dalam hal pengabaian kesejahteraan pegawai. Keempat : Ruang dan kelengkapan perpustakaan sekolah ini sudah di kelola oleh tenaga yang profesional karena telah memiliki gedung sendiri dan semua fasilitas atau sarana prasarana telah memadai. Kelima : Pengembangan dan pembinaan minat baca di perpustakaan ini dapat dikatakan sudah profesional karena telah memberikan sosialisasi tentang perpustakaan, memberikan bimbingan membaca, melakukan kegiatan membaca senyap, dan segala upaya pemanfaatan. Beberapa saran kaitannya pemberdayaan perpustakaan sekolah yang profesional di SD Negeri Trangkil 01 Pati : bagi kepala sekolah selaku pimpinan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Perpustakaan Sekolah, Profesional.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 11:05
Last Modified: 07 Oct 2013 11:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17131

Actions (login required)

View Item View Item