Keefektifan Model Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Materi Pantun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Candinegara Kabupaten Banyumas


Titi Setiawati, 1401409238 (2013) Keefektifan Model Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Materi Pantun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Candinegara Kabupaten Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Materi Pantun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Candinegara Kabupaten Banyumas]
Preview
PDF (Keefektifan Model Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Materi Pantun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Candinegara Kabupaten Banyumas)
Download (939kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab kurang berhasilnya proses pembelajaran Bahasa Indonesia adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang aktif saat proses pembelajaran. Model NHT dapat dijadikan sebagai model pembelajaran alternatif dengan mempertimbangkan karakteristik siswa SD yang senang bermain dan bekerja dalam kelompok. Tujuan penelitian ini menguji keefektifan NHT terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelas yang mendapat perlakuan penerapan model pembelajaran NHT dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada materi pantun di kelas IV. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Candinegara Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 41 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IVA dan IVB. Sementara itu sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga 21 siswa dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi silabus, RPP, dan soal tes pilihan ganda untuk pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis dan analisis akhir. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji t. Hasil pretes menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 74,29 dan kelas kontrol sebesar 73. Setelah diberi perlakuan model pembelajaran NHT rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 85,95 dan kelas kontrol sebesar 78,5. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis hasil belajar siswa atau postes dengan perhitungan menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,200 dan ttabel sebesar 2,021 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan penerapan model NHT pada materi pantun lebih baik daripada rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa dari penerapan model NHT terbukti lebih baik daripada penerapan model pembelajaran konvensional, sehingga guru perlu mempertimbangkan penerapan NHT pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar, materi pantun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:43
Last Modified: 07 Oct 2013 10:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17130

Actions (login required)

View Item View Item