UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 9 TEGAL DALAM POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD


WIDAYATI SUNARSASI , 4101906165 (2007) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 9 TEGAL DALAM POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 9 TEGAL DALAM POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD] PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 9 TEGAL DALAM POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD) - Published Version
Download (816kB)

Abstract

Kualitas pendidikan dapat ditingkatkan melalui salah satu alternatif pemanfaatan penelitian tindakan kelas (PTK), karena tujuan PTK adalah untuk perbaikan atau peningkatan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Berdasarkan pengamatan tahun-tahun sebelumnya, ternyata hasil belajar siswa pada soal cerita tentang Dalil Pythagoras menunjukan hasil yang kurang memuaskan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam menyelesaikan soal tentang Dalil Pythagoras dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian dengan mengumpulkan nilai soal kuis, penilaian kerja kelompok dan observasi. Tolok ukur keberhasilan penelitian tindakan ini apabila hasil belajar siswa rata-rata mencapai minimal 65 dan secara klasikal apabila hasil ketuntasan belajar, aktivitas siswa mencapai minimal 85%. Hasil belajar yang diperoleh setelah dilakukan tindakan kelas dalam pokok bahasan Dalil pythagoras melalui model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk kelas VIII C meningkat, rata-rata nilai kelas mencapai 62,17 dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 54,34%, sehingga perlu tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan pengamatan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II, yaitu nilai rata-rata kelas 64,45 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 71,73%. Hasil ini perlu perbaikan lagi pada siklus III, perolehan nilai rata-rata kelas 65,54 dengan persentase ketuntasan belajar 86,95%. Hasil ini telah dianggap cukup karena sudah memenuhi tolok ukur yang ditentukan yaitu hasil belajar siswa rata-rata mencapai minimal 65 dan secara klasikal apabila hasil ketuntasan belajar, aktivitas siswa mencapai minimal 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan melalui model pembelajaran cooperative learning tipe STAD hasil belajar siswa kelas VIII C dalam pokok bahasan Dalil Pythagoras meningkat. Oleh karena itu disarankan agar guru SMP Negeri 9 Tegal menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD sebagai alternatif dalam pokok bahasan Dalil Pythagoras.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, dalil pythagoras
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 00:38
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item