PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN MATERI PADA PELAJARAN IPS GEOGRAFI KELAS VII SMP NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013

ANANDA SATRIA MAWAN , 1102406039 (2013) PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN MATERI PADA PELAJARAN IPS GEOGRAFI KELAS VII SMP NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN MATERI PADA PELAJARAN IPS GEOGRAFI KELAS VII SMP NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2876Kb)

    Abstract

    Kualitas dan mutu pendidikan selalu dituntut untuk menjadi lebih baik. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar mutlak diperlukan. Blog merupakan media pembelajaran yang relatif baru dan belum banyak dimanfaatkan. Penggunaan blog sebagai media dalam kegiatan pembelajaran akan memberi nuansa baru bagi guru dan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan blog sebagai media penyajian materi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa pada mata pelajaran Geografi, tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah pemanfaatan blog sebagai media penyajian materi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa di SMP Negeri 7 Semarang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode Nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2012/2013 sejumlah 284 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Siswa kelas VII F dan kelas VII H merupakan sampel dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposif sampling. Uji lengkap dengan uji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan homogenitas merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian pada data pretest menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen = 71 dan di kelas kontrol = 67,33, hasil uji t data pretest diperoleh nilai thitung = 1.14 < 2,033 = ttabel yang berarti kecerdasan siswa sebelum diberi perlakuan yang berbeda adalah sama. Pada data posttest diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen = 87 dan kelas control =73,33. Hasil uji t data postest diperoleh nilai thitung = 5,78 > 2,033 = ttabel yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan blog dengan hasil belajar kelas kontrol yang diberikan secara konvensional. Proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar di kelas eksperimen dan di kelas kontrol berturut-turut adalah 93,33%, dan 60%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan, agar dalam pembelajaran Geografi dapat memanfaatkan media blog , karena metode ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, tidak membosankan dan lebih variatif dibandingkan pembelajaran secara konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran blog,Hasil Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 07:06
    Last Modified: 07 Oct 2013 07:06

    Actions (login required)

    View Item