PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIAGAMBAR PADA SISWA KELAS VSDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG


Joni Maryanto, 1401409008 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIAGAMBAR PADA SISWA KELAS VSDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIAGAMBAR PADA SISWA KELAS VSDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIAGAMBAR PADA SISWA KELAS VSDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru mengajar dengan sistem teacher centered, sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu apakah model pembelajaran Picture And Picture dengan Media Gambardapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru kelas V SDN Gunungpati 01?. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Picture and Picture dengan Media Gambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gunungpati 01 yang banyaknya 23 siswa, terdiri dengan siswa laki-laki 12 anak dan siswa perempuan 11 anak. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah prestasi belajar siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Picture and Picture dengan media gambar. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwarata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Picture and Picture dengan Media Gambaryakni siklus I 59, Siklus II 66 dan siklus III 74. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh pada setiap siklus adalah siklus I 52%, siklus II 78% dan siklus III 86%. Sedangkan Hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 2,3 dengan kriteria baik, siklus II 2,8 dengan kriteria baik dan siklus III 3,3 dengan kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I 35 dengan kriteria baik, siklus II 40 dengan kriteria sangat baik dan siklus III 50 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulannya adalah model pembelajaran Picture and Picture dengan Media Gambar dapatmeningkatkan kterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa. Saran bagi guru adalah model pembelajaran Picture and Picture dengan Media Gambar dapat digunakan sebagai acuan untuk pelaksanaan pembalajaran yang lainnya. Sebaiknya guru melaksanakan refleksi diri tentang kelemahan dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inovatif, dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Puisi, Picture and Picture, Media Gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:38
Last Modified: 01 Oct 2013 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17126

Actions (login required)

View Item View Item