PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA LUGU MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG


IKA SITI PRAMITA, 1401409232 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA LUGU MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA LUGU MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA LUGU MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa merupakan sarana pelestarian budaya Jawa. Terdapat empat keterampilan berbahasa yang dipelajari dalam pembelajaran bahasa Jawa, salah satunya adalah keterampilan berbicara. Sesuai dengan hasil observasi awal pada kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang, ditemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran. Salah satu permasalahan tersebut adalah rendahnya hasil pembelajaran siswa dalam mata pelajaran bahasa Jawa. Pembelajaran bahasa Jawa pada aspek keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama lugu masih belum optimal. Kemampuan anak dalam berbicara krama lugu masih sangat rendah. Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi menjadi penyebab kurang optimalnya proses belajar mengajar, sehingga membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dari permasalahan yang muncul, disusun rumusan masalah sebagai berikut: (1). Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang ? .Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 pertemuan. Penelitian terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan skor 25,5, rata-rata skor 2,55 yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapat skor 33, rata-rata skor 3,3 yang termasuk dalam kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat skor 17,45, rata-rata skor 2,5 yang termasuk kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 19, rata-rata skor 2,7 yang termasuk dalam kategori baik. Persentase ketuntasan keterampilan berbicara siswa pada siklus I adalah 54% kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 73% kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan berbicara krama lugu siswa kelas II SDN Karanganyar 02 Semarang. Dengan diterapkannya model Picture and Picture dalam pembelajaran, keterampilan berbicara siswa akan mengalami peningkatan sehingga siswa bisa menggunakan bahasa Jawa dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbicara, model Picture and Picture, guru, siswa SD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 11:07
Last Modified: 07 Oct 2013 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17125

Actions (login required)

View Item View Item