KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN “TEAMS GAMES TOURNAMENT” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PECABEAN KABUPATEN TEGAL


Nur Hamidah, 1401409192 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN “TEAMS GAMES TOURNAMENT” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PECABEAN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN “TEAMS GAMES TOURNAMENT” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PECABEAN KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN “TEAMS GAMES TOURNAMENT” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PECABEAN KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada siswa tingkat sekolah dasar. Dalam pembelajarannya, mata pelajaran ini lebih banyak diajarkan dengan ceramah dan siswa diarahkan untuk menghafal materi, sehingga siswa cenderung pasif dan cepat bosan apabila guru tidak melakukan variasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan termotivasi, agar hasil belajar lebih optimal. Salah satu model yang dapat mengoptimalkan kualitas pembelajaran yakni model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Berdasarkan latar belakang, muncul rumusan masalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan yang menggunakan pembelajaran konvensional?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Negeri Pecabean materi Cahaya dan Sifatnya antara yang menggunakan model kooperatif tipe TGT dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian sebanyak 55 siswa kelas V MI Negeri Pecabean Kabupaten Tegal yang terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas V A sebanyak 29 siswa dan kelas V B sebanyak 26 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu proporsionate stratified random sampling. Banyak siswa yang dijadikan sampel pada kelas V B yakni 23 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa di kelas V A sebagai kelompok kontrol. Data awal penelitian menggunakan nilai UAS siswa kelas V semester gasal. Rata-rata nilai UAS siswa kelas V A yakni 69,68 dan kelas V B yakni 68,65. Setelah penelitian dilakukan yakni kelas eksperimen diberikan model kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, kedua kelompok diberikan tes akhir pada materi Cahaya dan Sifatnya. Hasil belajar siswa setelah tes akhir diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 75 dan kelas kontrol sebesar 68,2. Hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test pada program SPSS versi 19, menunjukkan bahwa model kooperatif tipe TGT berpengaruh dan efektif secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V materi ix Cahaya dan Sifatnya di MI Negeri Pecabean. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel (2,079 > 2,013) dan nilai signifikansi 0,043 < 0,05. Dari hasil penelitian, diharapkan guru dapat menjadikan model kooperatif tipe TGT sebagai alternatif model pembelajaran IPA. Bagi siswa, hendaknya dapat berperan aktif dalam pembelajaran, agar hasil belajar yang diperoleh dapat lebih optimal. Bagi sekolah, hendaknya pihak sekolah memfasilitasi guru secara optimal, agar guru dapat mengembangkan potensinya dalam melakukan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan hasil belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 10:10
Last Modified: 23 May 2014 10:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item