KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BEDUG 01 KABUPATEN TEGAL
Nur Laesiyah Fitriyanti, 1401409189 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BEDUG 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BEDUG 01 KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran dengan model konvensional dirasakan kurang efektif untuk terus diterapkan di jenjang sekolah dasar khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut dibuktikan hasil ulangan harian semester II tahun pelajaran 2012/2013 pada siswa kelas IV SD Negeri Bedug 01 dengan prosentase ketuntasan sebesar 50% dari 28 siswa. Rata-rata nilai ulangan harian tersebut yaitu 62, padahal nilai KKM yang seharusnya diraih yaitu 63. Permasalahan pembelajaran tersebut disebabkan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan tidak termotivasi dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS, dengan harapan hasil belajar IPS siswa akan meningkat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dapat dirumuskan rumusan masalah penelitian sebagai berikut: “Apakah ada perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV antara yang mendapatkan pembelajaran model PBL dan yang mendapatkan pembelajaran model konvensional?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Bedug 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bedug 01 dan 03 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal dengan populasi 53 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate random sampling menghasilkan banyak anggota sampel 25 siswa pada kelas eksperimen dan 23 di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol 72,4 dan kelas eksperimen 81,3. Secara empiris, besarnya pengaruh penerapan model PBL dalam pembelajaran IPS materi Teknologi Produksi pada siswa kelas IV SD yaitu 10,2. Dikarenakan hanya data nilai tes akhir kelas eksperimen saja yang berdistribusi normal, sedangkan kelas kontrol tidak, maka uji hipotesis menggunakan uji U Mann Whitney. Hasil uji U Mann Whitney menunjukkan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas IV SD yang memperoleh pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan yang mendapat model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Bedug 01, sehingga guru sebaiknya menerapkan model PBL ini pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22782 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 18:00 |
Last Modified: | 23 May 2014 09:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17119 |
Actions (login required)
View Item |