PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 SEMARANG
DYAH ARUM PURWANING TYAS, 1401409183 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 SEMARANG)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas IV SDN Bringin 02 Semarang kurang optimal karena guru kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran, guru belum mengawali pembelajaran dengan menyajikan masalah nyata, pembelajaran belum kooperatif, dan penggunaan media belum maksimal, sehingga siswa kurang aktif, kurang terampil dalam pemecahan masalah, dan kesulitan memahami konsep IPA. Rumusan masalah secara umum adalah Apakah melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dengan media grafis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas IV SDN Bringin 02 Semarang?. Sedangkan secara khusus adalah Apakah penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dengan media grafis dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Bringin 02 Semarang?. Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas IV SDN Bringin 02 Semarang. Secara khusus adalah meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Bringin 02 Semarang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang sebanyak 39 siswa, tetapi pengamatan aktivitas siswa difokuskan pada 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes (observasi dan catatan lapangan). Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan : (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 30 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor 38 kategori amat baik, dan siklus III skor 42 kategori amat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 25 kategori baik, siklus II meningkat dengan rata-rata skor 29,6 kategori baik, dan siklus III rata-rata skor 35,7 kategori amat baik. (3) Hasil belajar siswa berupa hasil tes evaluasi pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 61,54%, siklus II meningkat ketuntasan klasikal 71,79%, dan siklus III ketuntasan klasikal sebesar 82,05%. Hasil penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Adapun simpulan penelitian ini, melalui model Problem Based Instruction (PBI) dengan media grafis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang. Saran bagi guru adalah perlu persiapan matang sebelum memulai pembelajaran dengan model Problem Based Instruction (PBI) dengan media grafis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Media Grafis, Kualitas Pembelajaran, IPA |
Subjects: | Q Science > QC Physics T Technology > TR Photography |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22782 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2014 10:10 |
Last Modified: | 23 May 2014 10:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17117 |
Actions (login required)
View Item |