MODEL PEMBELAJARAN MAGANG ( Studi Pada Pengrajin Logam di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal )


Pandu Yoda Aneke Wardani , 1201409037 (2013) MODEL PEMBELAJARAN MAGANG ( Studi Pada Pengrajin Logam di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102406039.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1102406039.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1102407019.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN MAGANG ( Studi Pada Pengrajin Logam di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal )]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN MAGANG ( Studi Pada Pengrajin Logam di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal ))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dampak globalisasi yang berakibat kepada sektor industri logam di Kota Tegal memberikan alasan tersendiri bagi terlaksananya program pembelajaran magang yang dilakukan untuk meningkatkan lagi kualitas sumber daya manusianya dan meningkatkan jiwa kemandirian masyarakat sekitarnya sehingga terciptalah suatu pemberdayaan masyarakat di lingkungan industri. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal; (2) Bagaimanakah model pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal dan; (3) Apakah hasil yang dicapai oleh pemagang (peserta didik) setelah mengikuti pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dokumentasi, dan subjek penelitian ini berjumlah 9 orang yaitu: 2 orang pemilik industri, 2 orang tutor, 2 orang warga belajar, dan 3 orang pemagang yang telah mandiri. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu proses pembelajaran dimulai dengan pemberian materi pekerjaan yang mudah seperti mengangkat barang, merakit dan mengecat. Tahap selanjutnya adalah pemagang diajarkan untuk mengoperasikan mesin dengan melihat cara tutor maupun karyawan yang sedang bekerja terlebih dahulu. Model pembelajaran yang ada di pembelajaran magang ini adalah model belajar pendidikan orang dewasa dengan kegiatan praktek langsung. Sedangkan hasil yang diperoleh setelah mengikuti proses magang adalah bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan, serta adanya sikap mandiri dari pemagang untuk membuka usahanya secara mandiri di rumah masing-masing. Simpulan meliputi: Proses pembelajaran magang dimulai dengan tahapan pemberian pekerjaan yang ringan, tahapan selanjutnya pemagang melihat karyawan pabrik yang bekerja. Selanjutnya pemagang mempraktekannya secara langsung apa yang dipelajarinya. Model pembelajaran yang digunakan utnuk mendukung pembelajaran adalah model belajar praktek langsung. Sementara hasil yang diperoleh setelah mengikuti pembelajaran magang berupa pengetahuan tentang industri logam, perubahan ketrampilan untuk membubut dan membuat kerajinan logam, serta sikap mandiri yang diperlihatkan dengan kemampuan pemagang membuka usahanya secara mandiri di rumahnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Magang, Industri Logam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 11:06
Last Modified: 07 Oct 2013 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17115

Actions (login required)

View Item View Item