PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VAK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS V.C SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN


ARIF BACHTIAR YULIA CHANDRA, 1401409171 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VAK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS V.C SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VAK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS V.C SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VAK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS V.C SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA yang terjadi di SD Hj. Isriati Baiturrahman Guru belum inovatif dalam pembelajaran, dan kurang dalam memanfaatkan media pembelajaran, siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA tidak mencapai KKM. Model pembelajaran Quantum tipe VAK dengan media audio visual adalah solusi yang digunakan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan selama II siklus, dengan tahap masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Hj. Isriati Baiturrahman dengan subyek penelitiannya adalah guru serta seluruh siswa kelas V.C. Variable penelitiannya adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa evaluasi dan juga non tes yang berupa observasi. Selanjutnya hasil penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I mencapai persentase keberhasilan sebesar 68% dengan kategori baik, aktivitas siswa mencapai persentase ketuntasannya sebesar 67,5% dengan kategori baik, hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 80 dan persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 72,9%. Kemudian pada siklus II terjadi adanya peningkatan, dimana pada keterampilan guru mencpai persentase keberhasilan sebesar 77,27% dengan kategori baik, aktivitas siswa memperoleh persentase ketuntasannya sebesar 73,75% dengan kategori baik, kemudian untuk hasil belajar siswa, memperoleh rata-rata sebesar 84,6 dan persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 86,5% Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Quantum tipe VAK dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V.C SD Hj. Isriati Baiturrahman. Saran yang diberikan kepada peneliti lain yaitu agar peneliti dapat mengadakan motode yang inofatif di dalam pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran Quantum tipe VAK dengan media audio visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Quantum, VAK, Audio Visual
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 10:13
Last Modified: 23 May 2014 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17113

Actions (login required)

View Item View Item