KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X


Rully Khusna Hikmawati , 4101409048 (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan rekap nilai ulangan akhir kelas X SMA Negeri 1 Temanggung semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 diketahui bahwa peserta didik yang mencapai KKM hanya sebanyak 38,43% dari jumlah keseluruhan peserta didik. Menurut guru mata pelajaran matematika, peserta didik masih kesulitan dalam belajar matematika yang abstrak. Karena belajar matematika abstrak bagi peserta didik, maka kemampuan berpikir kritis mereka kurang berkembang. Penggunaan strategi TTW berbantuan LKPD dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran TTW berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang ditunjukkan dengan: (1) hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran TTW berbantuan LKPD mencapai kriteria ketuntasan minimal secara klasikal; (2) kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X1-X7 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental bentuk posttest-only control design. Variabel bebas berupa penerapan strategi pembelajaran TTW berbantuan LKPD dan variabel terikatnya berupa kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi dan metode tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik. Analisis data dengan uji proporsi dan uji t menunjukkan: (1) hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal yang ditunjukkan oleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 22830 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 11:09
Last Modified: 07 Oct 2013 11:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17112

Actions (login required)

View Item View Item