PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK UNIVERSAL ANANDA KECAMATAN PATEBON KENDAL

VITRI PURWANTI, 1601408051 (2013) PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK UNIVERSAL ANANDA KECAMATAN PATEBON KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK UNIVERSAL ANANDA KECAMATAN PATEBON KENDAL)
Download (2675Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh membangun kemampuan berhitung anak TK dalam memahami konsep bilangan dengan menggunakan media permainan balok angka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak didik kelompok B TK Universal ananda Patebon Kendal melalui permainan balok angka. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B2, TK Universal Ananda Patebon Kendal, tahun pelajaran 2012/2013, yang terdiri dari 15 anak didik. Pembelajaran berhitung di TK masih menggunakan metode drill dan praktek-praktek pencil paper test, ini mambuat anak merasa cepat bosan dan capek. Agar kemampuan berhitung anak dapat berkembang dengan lebih baik maka diperlukan suatu media yang menyenangkan yaitu dengan media permainan balok angka. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang setiap masing-masing siklus mempunyai tahapan: perencanaan , observasi, evaluasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yaitu tes dan nontes, secara nontes melalui observasi, dan tes melalui unjuk kerja. Tehnik analisis data secara kualifikatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung dengan media balok angka pada setiap siklusnya. Pada aspek pemahaman bilangan kondisi awal kemampuan anak 40% yang berkembang sangat baik, pada siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 66% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu 86%. Aspek perbandingan, pada kondisi awal 37% yang berkembang sangat baik. Dan pada siklus I meningkat 66% ,dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86%. Aspek analisis dan probabilitas pada kondisi awal anak ada 33% , sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 60%, dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu 86% . Peningkatan ini melebihi dari indikator keberhasilan yang ingin dicapai yaitu 80% Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak didik TK kelompok B. Disarankan guru dapat mengembangkan media balok angka lebih bervariasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak TK.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung, permainan balok angka, anak TK.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: faraz suparto perpus
    Date Deposited: 07 Oct 2013 07:12
    Last Modified: 07 Oct 2013 07:12

    Actions (login required)

    View Item