PEMBUATAN BUKU CERITA BERMUATAN KEBENCANAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA, PRESTASI BELAJAR SAINS DAN SIKAP TANGGAP BENCANA


Nunik May Wulandari, 4201409028 (2013) PEMBUATAN BUKU CERITA BERMUATAN KEBENCANAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA, PRESTASI BELAJAR SAINS DAN SIKAP TANGGAP BENCANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN BUKU CERITA BERMUATAN KEBENCANAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA, PRESTASI BELAJAR SAINS DAN SIKAP TANGGAP BENCANA]
Preview
PDF (PEMBUATAN BUKU CERITA BERMUATAN KEBENCANAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA, PRESTASI BELAJAR SAINS DAN SIKAP TANGGAP BENCANA)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat membaca dan peringkat Indonesia diajang internasional, dalam hal kemampuan membaca, sains dan matematika, serta sering terjadinya bencana di Indonesia menuntut terjadinya perubahan dalam dunia pendidikan. Inovasi dalam proses pembelajaran di sekolah perlu dilakukan. Pembelajaran yang meningkatkan kesadaran resiko bencana sehingga berdampak pada pengurangan resiko bencana. Perlu diterapkan inovasi penggunaan media buku cerita dalam pembelajaran diharapkan meningkatkan minat membaca siswa, prestasi belajar sains dan sikap tanggap bencana. Buku cerita merupakan media yang menarik dan sesuai dengan perkembangan siswa SD. Permasalahan dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah prototipe buku cerita sains yang dapat meningkatkan minat membaca, belajar sains dan sikap tanggap bencana. (2) Bagaimanakah tingkat kelayakan buku cerita sains yang dikembangkan. (3) Bagaimanakah tingkat keterbacaan buku cerita sains yang dikembangkan. (4) Bagaimanakah signifikansi peningkatan minat membaca siswa yang belajar menggunakan buku cerita sains. (5) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar sains yang menggunakan buku cerita sains. (6) Seberapa besar peningkatan sikap tanggap bencana yang belajar menggunakan buku cerita sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan jenis pretest-posttest control group desain. Buku cerita bermuatan kebencanaan diuji kelayakan dan keterbacaan dengan menggunakan angket dan tes esai. Data prestasi belajar sains, minat membaca dan sikap tanggap bencana siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian ini didapatkan satu set buku cerita bermuatan kebencanaan yang telah diuji kelayakan dan keterbacaannya. Skor kelayakan yang didapatkan adalah 88,89 %, artinya buku cerita bermuatan kebencanaan alam berada pada kategori sangat layak. Skor keterbacaan didapatkan 81,60 %menunjukkan bahwa buku cerita bermuatan kebencanaan berada pada kategori mudah dipahami. Hasil analisis prestasi belajar sains menggunakan uji gain diperoleh peningkatan kelas ekperimen sebesar 0,66 (sedang), sedangkan kelas kontrol 0,45 (sedang) . Hasil uji gain minat membaca diperoleh peningkatan kelas ekperimen sebesar 0,4 (sedang), sedangkan kelas kontrol 0,25(rendah).Uji signifikansi minat membaca sebesar 2,81 artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil minat membaca antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji gain sikap tanggap bencana diperoleh peningkatan kelas ekperimen sebesar 0,55 (sedang), sedangkan kelas kontrol 0,32 (sedang)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita, Minat Membaca, Prestasi Belajar, Sikap Tanggap Bencana
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 Oct 2013 11:47
Last Modified: 07 Oct 2013 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17100

Actions (login required)

View Item View Item