PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BERKARAKTER DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI


Awal Restiono, 4201408074 (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BERKARAKTER DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BERKARAKTER DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BERKARAKTER DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang mengoptimalkan keterlibatan siswa untuk menganalisis dan memecahkan masalah. Kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah konsep-konsep fisika memiliki pengaruh dalam meningkatkan aktivitas siswa dan mengembangkan perilaku baik siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat mengembangkan aktivitas berkarakter dan meningkatkan pemahaman konsep usaha dan energi pada siswa kelas XI. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IA SMA Negeri 2 Cilacap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Kelas XI IA4 sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan model Problem Based Learning dan kelas XI IA3 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan model pembelajaran yang selama ini sudah dilaksanakan. Data pada penelitian ini diperoleh dari tes dan observasi. Teknik analisis data tes menggunakan metode kualitatif sedangkan untuk data observasi menggunakan analisis deskriptif. Peningakatan akivitas berkatakter siswa terlihat dari ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen yaitu dari 0% menjadi 75%. Sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari 0% menjadi 53,57%. Setelah dilakukan uji t dan uji gain untuk nilai pretest dan posttest siswa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan usaha dan energi. Pada uji t satu sampel untuk kelas eksperimen diperoleh harga thitung = 3,611 yang lebih besar dari ttabel = 1,695 untuk dk = 32 – 1 = 31. Dari uji gain menunjukkan nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen yaitu 0,49 lebih tinggi dan nilai gain ternormalisasi untuk kelas kontrol yaitu 0,38. Pada uji t dua sampel diperoleh harga thitung = 3,448 yang lebih besar dari ttabel = 2,00 untuk dk = 32 + 32 – 2 = 62. Dari beberapa hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat mengembangkan aktivitas berkarakter dan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan aktivitas berkarakter dan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran yang selama ini sudah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Aktivitas Berkarakter, Problem Based Learning
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:07
Last Modified: 07 Oct 2013 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17093

Actions (login required)

View Item View Item