PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUNTING KARANGAN BERMUATAN MULTIKULTURAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS IX

Amalia Lathifah, 2101409071 (2013) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUNTING KARANGAN BERMUATAN MULTIKULTURAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS IX. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUNTING KARANGAN BERMUATAN MULTIKULTURAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS IX)
Download (3110Kb)

    Abstract

    Pembelajaran menyunting karangan bagi siswa SMP/MTs kelas IX membutuhkan buku pengayaan menyunting karangan yang dapat memotivasi siswa serta memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Namun, buku yang tersedia saat ini belum sesuai bila digunakan oleh siswa SMP/MTs kelas IX, sehingga diperlukan pengembangan buku pengayaan menyunting karangan bermuatan multikultural menggunakan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP/MTs kelas IX. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menyunting karangan bermuatan multikultural menggunakan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP/MTs kelas IX, (2) bagaimanakah prinsip penyusunan buku pengayaan menyunting karangan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, (3) bagaimanakah prototipe buku pengayaan menyunting karangan, (4) bagaimanakah penilaian guru dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menyunting karangan, dan (5) bagaimanakah tanggapan siswa terhadap prototipe buku pengayaan menyunting karangan yang dikembangkan oleh peneliti. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian bertujuan mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menyunting karangan, mengetahui prinsip penyusunan buku pengayaan menyunting karangan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, mengetahui prototipe buku pengayaan menyunting karangan, mengetahui penilaian guru dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menyunting karangan, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap prototipe buku pengayaan menyunting karangan yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dalam enam tahap, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, revisi atau perbaikan produk, dan uji coba terbatas. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) berdasarkan analisis kebutuhan, siswa dan guru membutuhkan buku pengayaan menyunting karangan bermuataan multikultural yang memiliki penyajian materi menggunakan pendekatan kontekstual, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia baku, multikultural yang diperkenalkan adalah keragaman budaya, dan grafika buku pengayaan yang menarik. (2) Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut didapatkan prinsip-prinsip penyusunan, yang dibagi menjadi beberapa dimensi, yaitu isi buku memuat penjelasan mengenai materi pengenalan multikultural, hakikat karangan, hakikat menyunting, menyunting ejaan, menyunting tanda baca, menyunting diksi, menyunting kalimat efektif, menyunting keterpaduan paragraf, dan menyunting kebulatan wacana; penyajian materi memuat penyajian yang disusun berdasarkan penyesuaian kebutuhan guru dan siswa, yang terdiri atas tiga bagian yaitu bagian pendahuluan, isi, dan penutup; penggunaan bahasa dalam buku pengayaan yang disesuaikan dengan tingkat keterbacan siswa SMP/MTs kelas IX; dan grafika buku pengayaan, grafika buku yang telah disesuaikan dengan keinginan guru dan siswa. (3) Prototipe buku pengayaan meliputi bagian awal yang terdiri atas sampul buku pengayaan, bentuk buku pengayaan, petunjuk penggunaan buku; bagian isi terdiri atas enam bab; dan bagian penutup terdiri atas daftar pustaka, indeks, dan glosarium. (4) Penilaian yang didapat yaitu aspek materi nilai rata-rata 67,2 (kategori baik), aspek penyajian materi nilai rata-rata 75 (kategori baik), aspek grafika nilai rata-rata 81,7 (kategori baik), dan aspek bahasa dan keterbacaan nilai rata-rata 77,9 (kategori baik). Perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menyunting karangan meliputi materi perlu difokuskan lagi pada keterampilan menyunting karangan, penyajian materi diurutkan lagi secara sistematis dan pendekatan kontekstual lebih ditonjolkan, ada beberapa bagian buku yang keterbacaannya disesuaikan lagi dengan tingkat keterbacaan siswa, dan ilustrasi menyunting pada sampul buku lebih ditonjolkan. (5) Berdasarkan tanggapan siswa terhadap protitipe, diketahui bahwa materi dalam buku pengayaan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, bahasa dalam buku pengayaan sudah komunikatif, penyajian materi dengan soal sesuai, dan grafika buku pengayaan sesuai dengan siswa SMP/MTs sehingga dapat diketahui bahwa buku pengayaan mampu menarik minat siswa dalam belajar menyunting karangan. Saran yang direkomendasikan oleh peneliti yaitu guru hendaknya dapat menggunakan buku pengayaan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran menyunting karangan di kelas, siswa dapat menggunakan buku pengayaan sebagai buku pendamping yang memperkaya keterampilan siswa dalam menyunting karangan, pemerhati pendidikan hendaknya dapat mengadakan pengembangan terhadap bahan ajar menyunting karangan agar melengkapi buku pengayaan menyunting, dan peneliti bidang bahasa Indonesia perlu mengadakan penelitia

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menyunting karangan, multikultural, pendekatan kontekstual.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 30 Sep 2013 12:10
    Last Modified: 30 Sep 2013 12:10

    Actions (login required)

    View Item