PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL SCAFFOLDING untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PROBING PROMPTING BERBANTUAN MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMK


Meirita Rahma Felayani , 4101409034 (2013) PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL SCAFFOLDING untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PROBING PROMPTING BERBANTUAN MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL SCAFFOLDING untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PROBING PROMPTING BERBANTUAN MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMK]
Preview
PDF (PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL SCAFFOLDING untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PROBING PROMPTING BERBANTUAN MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMK)
Download (16MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Matematika, salah satunya kemandirian. Hasil belajar peserta didik kurang memuaskan terutama dalam kemampuan pemecahan masalah materi barisan dan deret SMK. Berangkat dari hal tersebut akan diterapkan pembelajaran dengan model Probing Prompting berbantuan Scaffolding dimana pembelajaran dilakukan selama empat pertemuan dengan konsentrasi pengamatan pada lima peserta didik sebagai subjek penelitian tanpa mendiskriminasikan peserta didik lain. Pemberian scaffolding tidak terpisah menjadi langkah tersendiri, melainkan terintegrasi dalam langkah model Probing-Prompting. Sedangkan untuk pemberian scaffolding yang lebih intensif, diberikan di luar jam pelajaran melalui proses wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter mandiri dan keterampilan pemecahan masalah, serta dapat mencapai ketuntasan pada kemampuan pemecahan masalah materi barisan dan deret peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Dengan cara purposif terpilih lima peserta didik sebagai informan yang mewakili dari urutan tertinggi hingga urutan terbawah. Variabel dalam penelitian ini adalah karakter mandiri, keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan tes. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu membandingkan data hasil tes dengan data hasil wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan pengamatan dan wawancara selama empat pertemuan diketahui bahwa masing-masing subjek penelitian menunjukkan perkembangan karakter mandiri dan keterampilan pemecahan masalah yang berbeda. Besarnya peningkatan tersebut dilihat berdasakan skor gain. Rata-rata gain kemandirian dari pertemuan I ke IV untuk A, B, C, D dan E berturut-turut 0,44; 0,45; 0,26; 0,35; dan 0,33. Rata-rata gain keterampilan pemecahan masalah dari pertemuan I ke IV untuk A, B, C, D dan E berturut-turut 0,44; 0,52; 0,36; 0,38; dan 0,49. Secara umum kelima subjek penelitian mengalami perubahan perilaku walaupun dengan peningkatan yang berbeda-beda. Hasil belajar kelima peserta didik sudah mencapai KKM, berturut-turut: 90, 100, 77, 78, 80.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter mandiri, keterampilan dan kemampuan pemecahan masalah,model probing-prompting, scaffolding
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 22830 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2013 10:50
Last Modified: 29 Sep 2013 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17091

Actions (login required)

View Item View Item