PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP N 14 TEGAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL


HERNAWATI , 4101906160 (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP N 14 TEGAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP N 14 TEGAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL] PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP N 14 TEGAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan tahun-tahun sebelumnya, ternyata hasil belajar siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP N 14 Tegal pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP N 14 Tegal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 14 Tahun Pelajaran 2006/2007 sebanyak 38 siswa, terdiri dari 20 siswa putra dan 18 siswa putri. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 3 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai kuis I, nilai kuis II, nilai kuis III, hasil observasi dan nilai ulangan harian. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel meningkat, yaitu nilai rata-rata yang dihasilkan 63 atau lebih dan siswa yang mendapat nilai 63 atau lebih sejumlah minimal 85 % dari jumlah siswa. Hasil observasi selama penelitian menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil kuis I, kuis II, kuis III dan nilai ulangan harian secara prosentasi siswa yang memperoleh nilai minimal 63 menunjukkan adanya peningkatan. Siklus I nilai rata-rata kelas 63,21, siswa yang memperoleh nilai ≥ 63 sebanyak 25 anak dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 65,79 %. Pada Siklus II nilai rata-rata kelas 64,56, siswa yang memperoleh nilai ≥ 63 sebanyak 30 anak dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,95 %. Pada Siklus III nilai rata-rata kelas 69,26., siswa yang memperoleh nilai ≥ 63 sebanyak 34 anak dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 89,47 %. Simpulan yang dapat diambil setelah melakukan penelitian adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Thinks Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMPN 14 Tegal dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Bagi guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Thinks Pair and Share (TPS) agar hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 00:10
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item