PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII


Bagus Ilman Fuada, 4201408024 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Problem Based Learning berbasis konstruktivisme sebagai alternatif pembelajaran yang dapat memberikan ilmu dan pengalaman siswa untuk bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 1 Jatinegara Tegal pada pokok bahasan kalor melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis konstruktivisme. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII B sebagai eksperimen dan kelas VII D sebagai kontrol. Kelas eksperimen diberi model pembelajaran Problem Based Learning berbasis konstruktivsime, sedangkan kelas kontrol diberi metode kooperatif regular dengan diskusi. Data hasil pemahaman konsep diperoleh dari lembar evaluasi, sedangkan hasil aktivitas diperoleh dari lembar pengamatan. Analisis data penelitian menggunakan uji hipotesis dan uji peningkatan rata-rata pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan nilai rata-rata hasil pemahaman konsep kelas eksperimen 68,86 dan kelas kontrol 58,14. Peningkatan rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen 0,49 sedangkan kelas kontrol 0,33. Nilai rata-rata hasil aktivitas siswa kelas eksperimen 80,57 dan kelas kontrol 73,85. Pemahaman konsep siswa pada kelas kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 11 siswa dengan tingkat pemahaman konsep baik sekali dan 24 siswa dengan tingkat pemahaman konsep baik, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 3 siswa dengan tingkat pemahaman konsep baik sekali, 27 siswa dengan tingkat pemahaman konsep baik, dan 5 siswa dengan pemahaman konsep cukup. Hasil analisis tingkat aktivitas menunjukan bahwa siswa pada kelas eksperimen mempunyai tingkat aktivitas yang lebih tinggi. Hasil observasi menunjukan bahwa 16 siswa dengan kriteria sangat aktif dan 19 siswa dengan kriteria aktif pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol 11 siswa dengan kriteria sangat aktif dan 24 siswa dengan kriteria aktif. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan model Problem Based Learning berbasis konstruktivisme mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa kelass VII pada pokok bahasan kalor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Konstruktivisme, Pemahaman Konsep Kalor
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:06
Last Modified: 07 Oct 2013 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17087

Actions (login required)

View Item View Item