KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN CABRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI DIMENSI TIGA


Yuwana Siwi Wiwaha Putra , 4101409025 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN CABRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI DIMENSI TIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN CABRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI DIMENSI TIGA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN CABRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI DIMENSI TIGA)
Download (13MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sukorejo menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika peserta didik masih rendah. Selain itu juga diperoleh data bahwa hasil belajar peserta didik semester II tahun pelajaran 2011/2012 yang termasuk di dalamnya materi dimensi tiga kurang memuaskan sehingga perlu upaya untuk memperbaikinya. Model pembelajaran CORE berbantuan Cabri 3D melalui fase-fase pembelajaran CORE yang menarik dan konstruktivis dalam kelompok diskusi menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga tercapai hasil belajar yang baik pada materi dimensi tiga sub materi sudut pada bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran CORE berbantuan Cabri 3D, membandingkan rata-rata hasil belajar, serta motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMA Negeri 1 Sukorejo, Kendal tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sukorejo. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CORE dan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji pihak kiri untuk hipotesis 1 serta uji pihak kanan untuk hipotesis 2 dan 3. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, pada uji ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen diperoleh nilai dan . Pada uji perbedaan rata-rata hasil belajar diperoleh nilai dan . Pada uji perbedaan rata-rata motivasi belajar diperoleh nilai dan . Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh simpulan (1) peserta didik kelas eksperimen mencapai tuntas belajar yaitu 81,25% dari banyaknya peserta didik mencapai KKM sebesar 70, (2) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar peserta didik kelas kontrol, (3) motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada motivasi belajar peserta didik kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cabri, Hasil Belajar, Keefektifan, Model Pembelajaran CORE, Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 22830 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:24
Last Modified: 07 Oct 2013 12:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17083

Actions (login required)

View Item View Item