EFEKTIVITAS TEKNIK TENDANGAN TERHADAP HASIL KETEPATAN TEMBAKAN KE GAWANG PADA PEMAIN SSB PUTRA MAYONG KABUPATEN JEPARATAHUN 2013


DWI INDRA RISTIAWAN, 6301409194 (2013) EFEKTIVITAS TEKNIK TENDANGAN TERHADAP HASIL KETEPATAN TEMBAKAN KE GAWANG PADA PEMAIN SSB PUTRA MAYONG KABUPATEN JEPARATAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS TEKNIK TENDANGAN TERHADAP HASIL KETEPATAN TEMBAKAN KE GAWANG PADA PEMAIN SSB PUTRA MAYONG KABUPATEN JEPARATAHUN 2013]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS TEKNIK TENDANGAN TERHADAP HASIL KETEPATAN TEMBAKAN KE GAWANG PADA PEMAIN SSB PUTRA MAYONG KABUPATEN JEPARATAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan tembakan kearah gawang yang harus diperhatikan yaitu bagian kaki mana yang paling tepat untuk menendang. Salah satu penggunaan tendangan dalam permainan sepakbola yang menjadi topik penelitian ini adalah mengenai tembakan kearah gawang yang bertujuan menciptakan gol pada gawang lawan Permasalahan penelitian adalah: 1) Adakah perbedaan dan seberapa besar tingkat efektivitas teknik tendangan dengan kaki bagian dalam, punggung kaki, punggung kaki bagian dalam dan punggung kaki bagian luar terhadap ketepatan tembakan ke gawang, 2) Manakah yang lebih efektif teknik tendangan dengan kaki bagian dalam, punggung kaki, punggung kaki bagian dalam dan punggung kaki bagian luar terhadap ketepatan tembakan ke gawang. Populasi yang diambil seluruh pemain SSB Putra Mayong yang berjumlah 118 orang. Pengambilan dengan teknik purposive sample yaitu pemain U 15 sebanyak 30 orang. Variabel penelitian yaitu teknik tendangan kaki bagian dalam, punggung kaki, punggung kaki bagian dalam, punggung kaki bagian luar sebagai variabel bebas dan ketepatan tembakan ke gawang sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan teknik tes dan pengukuran. Data dianalisis menggunakan teknik Chi Kuadrat. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan tingkat efektivitas teknik tendangan terhadap hasil ketepatan tembakan ke gawang. Adapun tingkat efektivitasnya yaitu teknik tendangan kaki bagian dalam sebanyak 305 kali (30.78%), punggung kaki 254 kali (25.63%), punggung kaki bagian dalam 226 kali (22.80%), dan terakhir punggung kaki bagian luar sebesar 206 kali (20.79%). Saran dari penulis: 1) Bagi pelatih selalu mengingatkan pemainnya menggunakan teknik tendangan yang tepat, 2) Bagi pemain untuk lebih memperhatikan teknik tendangan dalam melakukan tembakan ke gawang, 3) Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian dengan variasi dan metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik Tendangan, Tembakan ke Gawang
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:23
Last Modified: 07 Oct 2013 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item