PERSEPSI SISWA BERKESULITAN BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI GURU BIOLOGI: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang


Atika Putri Budiarti, 4401406558 (2013) PERSEPSI SISWA BERKESULITAN BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI GURU BIOLOGI: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA BERKESULITAN BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI GURU BIOLOGI: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA BERKESULITAN BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI GURU BIOLOGI: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan realitas, apa yang dipersepsikan seseorang seringkali berbuah kenyataan. Lindgren (1981) menegaskan “Perceptions is viewed as the mediating processes that are initiated by sensations. These are attentions, awareness, comparison, and contras, together with other cognitive operations that enable us to interpret the meaning of sensations”. Latar belakang keyakinan siswa terhadap guru juga berimbas kepada hasil belajar yang siswa yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa mengenai guru biologi dari sisi kompetensi personal, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI IPA SMAN 3 Semarang yang berkesulitan dalam pembelajaran biologi. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Pemeriksaan kredibilitas, validitas dan reliabilitas data hasil penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode. Model pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain menggunakan Model Interactive dari Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan (1) Siswa cenderung menunjukan persepsi yang negatif terhadap kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran biologi Siswa masih menunjukan rasa tidak puas terhadap aspek pemahaman peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pelaksanaan pembelajaran serta refleksi pembelajaran yang seharusnya dimiliki oleh guru; (2) Siswa cenderung menunjukan persepsi yang negatif terhadap kompetensi profesional guru dalam pembelajaran biologi Siswa masih menunjukan rasa tidak puas terhadap aspek penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan serta pengembangan materi pembelajaran yang kreatif yang seharusnya dimiliki oleh guru; (3) Siswa cenderung menunjukan persepsi yang positif terhadap kompetensi personal guru dalam pembelajaran biologi, Siswa menunjukan rasa puas terhadap aspek disiplin, penampilan, kejujuran, kesopanan, minat, dan keteladanan yang dimiliki guru; (4) Siswa cenderung menunjukan persepsi yang positif terhadap kompetensi sosial guru dalam pembelajaran biologi. Siswa menunjukan rasa puas terhadap aspek keobjektivan dalam bertindak, keefektifan komunikasi, dan interaksi dengan siswa yang dimiliki guru. Kesimpulan dapat dirumuskan bahwa siswa cenderung menunjukan perilaku negatif terhadap kegiatan pembelajaran biologi karena mempersepsikan negatif pada kompetensi pedagogik dan profesional guru. Sebaliknya siswa cenderung menunjukan perilaku positif dalam hubungan interpersonal dengan guru karena mempersepsikan positif terhadap kompetensi kepribadian/ personal dan sosial guru

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetesi guru biologi, persepsi, siswa berkesulitan belajar, SMA Negeri 3 Semarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Sep 2013 16:14
Last Modified: 30 Sep 2013 16:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17080

Actions (login required)

View Item View Item