PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS VB SD ISLAM AL MADINA

ANA ESTI IKASARI, 1401409167 (2013) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS VB SD ISLAM AL MADINA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS VB SD ISLAM AL MADINA)
Download (5Mb)

    Abstract

    Pembelajaran IPA di SD diharapkan dapat mendorong siswa untuk aktif dan rasa ingin tahu. Dalam pembelajaran aktivitas siswa kurang, guru cenderung monoton, masih menggunakan ceramah sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model Make a Match dengan media Flashcard dalam pembelajaran IPA kelas VB SD Islam Al Madina?. Model Make a Match dengan media Flashcard merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas VB SD Islam Al Madina melalui penerapan model Make a Match dengan media Flashcard. Model Make a Match dengan media Flashcard dikembangkan secara khusus untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan memanfaatkan kartu soal dan jawaban sebagai media bermain sambil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas kelas VB SD Islam Al Madina. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 25 kategori baik, pada siklus II mendapatkan skor 27 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I mendapatkan total skor 15,9 dengan kategori cukup kemudian meningkat pada siklus II mendapatkan total skor 25,65 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 65,6 dengan persentase klasikal 53,8%, siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 83,5 dengan persentase klasikal 84,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Make a Match dengan media Flashcard dinyatakan berhasil. Saran bagi guru sebaiknya lebih kreatif lagi dalam menciptakan permainan yang beragam sehingga siswa merasa senang dan lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Model Make a Match dengan media Flashcard tidak hanya diterapkan dalam pembelajaran IPA saja melainkan pada mata pelajaran lainnya. Hal ini dikarenakan selain dapat meningkatkan aktivitas siswa, model ini juga dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa, Model Make a Match dengan media Flashcard, Mata Pelajaran IPA
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 29 Sep 2013 07:03
    Last Modified: 29 Sep 2013 07:03

    Actions (login required)

    View Item