EFEKTIFITAS TENDANGAN MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM DAN PUNGGUNG KAKI TERHADAP HASIL TENDANGAN PENALTI PADA PEMAIN PS UNNES TAHUN 2013


IBRAH , FASTABIQI BAWANA MUKTI (2013) EFEKTIFITAS TENDANGAN MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM DAN PUNGGUNG KAKI TERHADAP HASIL TENDANGAN PENALTI PADA PEMAIN PS UNNES TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS TENDANGAN MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM DAN PUNGGUNG KAKI TERHADAP HASIL TENDANGAN PENALTI PADA PEMAIN PS UNNES TAHUN 2013]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS TENDANGAN MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM DAN PUNGGUNG KAKI TERHADAP HASIL TENDANGAN PENALTI PADA PEMAIN PS UNNES TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1. bagaimanakah tingkat kemampuan tendangan penalti dengan menggunakan kaki bagian dalam terhadap hasil tendangan penalti pada pemain klub PS UNNES semarang tahun 2013. 2. Bagaimanakah tingkat kemampuan tendangan penalti dengan menggunakan punggung kaki terhadap hasil tendangan penalti pada pemain klub PS UNNES semarang tahun 2013. 3. Bagaimanakah tingkat kemampuan tendangan penalti dengan menggunakan kaki bagian dalam dan punggung kaki terhadap hasil tendangan penalti pada pemain klub PS UNNES semarang tahun 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan tendangan menggunakan kaki bagian dalam dan tendangan menggunakan punggung kaki terhadap hasil tendangan penalti pada pemain PS UNNES semarang tahun 2013. Metode yang digunakan menggunakan metode survei, populasi dalam penelitian ini adalah pemain klub PS. UNNES berjumlah 30 pemain dan sampel berjumlah 30 pemain. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel terikat tingkat kemampuan tendangan penalti, variabel bebas meliputi kemampuan melakukan tendangan penalti dengan kaki bagian dalam dan punggung kaki. Instrumen penelitian ini menggunakan tes ketepatan tembakan ke gawang. Teknik pengambilan menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan statistik Diskriftif persentase, dengan pengelompokan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tendangan penalti rata-rata dengan menggunakan kaki bagian dalam diperoleh skor 75,67. Penelitian yang diperoleh hasil tendangan penalti terbaik dengan skor 100 dan skor terendah sebesar 40 dengan standar deviasi sebesar 15,69. hasil tendangan penalti rata-rata dengan menggunakan punggung kaki diperoleh skor 58,50. Penelitian yang diperoleh hasil tendangan penalti terbaik dengan skor 100 dan skor terendah sebesar 15 dengan standar deviasi sebesar 19,57. Hasil tendangan penalti dengan menggunakan kaki bagian dalam termasuk dalam kategori tinggi. Dan Hasil tendangan penalti dengan menggunakan punggung kaki termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan yang di peroleh adalah hasil tendangan penalti dengan menggunakan kaki bagian dalam menghasilkan rata-rata skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan punggung kaki. Disarankan bagi para pelatih, banyak model latihan tendangan yang dapat digunakan untuk meningkatkan teknik dasar bermain sepak bola. Untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan tendangan penalti maka dapat diterapkan dengan menggunakan metode menendang menggunakan kaki bagian dalam, karena akan lebih mudah melakukan dan memperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, kaki dalam, punggung kaki
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:26
Last Modified: 07 Oct 2013 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17076

Actions (login required)

View Item View Item