HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL TENDANGAN KE GAWANG PADA PEMAIN SEPAKBOLA SSB BATANG BOYS BATANG TAHUN 2013


Anggi Ferri Dannis, 6301409071 (2013) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL TENDANGAN KE GAWANG PADA PEMAIN SEPAKBOLA SSB BATANG BOYS BATANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL TENDANGAN KE GAWANG PADA PEMAIN SEPAKBOLA SSB BATANG BOYS BATANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL TENDANGAN KE GAWANG PADA PEMAIN SEPAKBOLA SSB BATANG BOYS BATANG TAHUN 2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah : 1) apakah ada hubungan kecerdasan emosional dengan hasil tendangan ke gawang?, 2) apakah ada hubungan efikasi diri dengan hasil tendangan ke gawang?, 3) apakah ada hubungan kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan hasil tendangan ke gawang?. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya : 1) hubungan kecerdasan emosional dengan hasil tendangan ke gawang, 2) hubungan efikasi diri dengan hasil tendangan ke gawang, 3) hubungan kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan hasil tendangan ke gawang pada pemain SSB Batang Boys tahun 2013 di Kabupaten Batang. Metode penelitian ini menggunakan survei dengan teknik tes. Populasi penelitian pemain SSB Batang Boys tahun 2013 yang berjumlah 68 pemain dan sampel sejumlah 21 pemain yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional (X1), efikasi diri (X2) variabel bebasnya dan hasil tendangan ke gawang (Y) sebagai variabel terikatnya. Instrumen tes yang digunakan adalah : 1) tes kecerdasan emosi, 2) tes efikasi diri dan 3) tes tendangan ke arah gawang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi berganda dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data diperoleh : 1) ada hubungan kecerdasan emosional dengan hasil tendangan ke gawang dengan koefisien korelasi 0,892, 2) ada hubungan efikasi diri dengan hasil tendangan ke gawang dengan koefisien korelasi 0,459 dan 3) ada hubungan kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan hasil tendangan ke gawang dengan koefisien korelasi 0,882. Dari hasil penelitian disimpulkan : ada hubungan kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan hasil tendangan ke gawang. Berdasarkan simpulan, saran penelitian adalah : 1) bagi pelatih sepakbola di Kabupaten Batang supaya memperhatikan faktor psikologis dalam latihan untuk dapat meningkatkan mental para pemain sepakbola, 2) faktor kecerdasan emosional dan efikasi diri berhubungan dengan hasil tendangan bebas ke arah gawang, maka pada pemain sepakbola untuk dapat mengendalikan kecerdasan emosional yang dimiliki sehingga dapat melakukan tendangan dengan tepat sasaran dan 3) peneliti lain dapat melakukan penelitian sejenis terhadap faktor-faktor dan sampel lain untuk mencari hubungan terhadap hasil tendangan ke gawang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri,Tendangan ke Gawang
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2013 16:43
Last Modified: 09 Oct 2013 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item View Item