PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL


Ratna Dwi Pratiwi , 1401409165 (2013) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL5]
Preview
PDF (PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL5)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri Randugunting 4 Kota Tegal cenderung berpusat pada guru, terutama pada pembelajaran pecahan. Hal ini mengakibatkan minat, aktivitas, dan hasil belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk membelajarkan materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Randugunting 4 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap, meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 3 pertemuan. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan pretest, evaluasi pada tiap akhir pertemuan, dan tes formatif pada tiap akhir siklus. Data hasil non tes merupakan data hasil pengisian lembar angket minat belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, dan pengamatanterhadap performansi guru. Nilai performansi guru menggunakan APKG pada siklus I sebesar 79,48, meningkat pada siklus II menjadi 94,69. Nilai performansi guru menggunakan lembar pengamatan model pada siklus I sebesar 57,5, meningkat pada siklus II menjadi 90. Persentase minat belajar siswa pra tindakan yaitu 43,06%, meningkat pasca tindakan menjadi 62,89% pada siklus I, dan 83,47% pada siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 72,46% dengan kriteria tinggi, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,01% dengan kriteria sangat tinggi. Nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pretest mencapai 47,44 dengan tuntas belajar klasikal (TBK) 16,67%. Nilai rata-rata kelas pada hasil evaluasi akhir pembelajaran siklus I mencapai 77,23, dengan TBK 86,11%, meningkat pada siklus II menjadi 81,78 dengan TBK 90,28%. Nilai rata-rata kelas hasil tes formatif I mencapai 73,14 dengan TBK 80,56%, kemudian hasil tes formatif II meningkat menjadi 78,31 dengan TBK 86,11%. Disimpulkan bahwa, penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Randugunting 4 Kota Tegal. Disarankan guru kelas V sekolah dasar dapat menerapkan model Problem Based Learning dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, materi pecahan, model Problem Based Learning, siswa sekolah dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2013 16:46
Last Modified: 09 Oct 2013 16:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item