PENGEMBANGAN MODEL PEMBENTUKAN GERMO SADAR KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGGUNAAN KONDOM PADA WPS (Studi Eksperimental Dalam Kerangka Penanggulangan HIV/AIDS di Resosialisasi Argorejo Semarang)

Irwan Budiono , Irwan Budiono PENGEMBANGAN MODEL PEMBENTUKAN GERMO SADAR KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGGUNAAN KONDOM PADA WPS (Studi Eksperimental Dalam Kerangka Penanggulangan HIV/AIDS di Resosialisasi Argorejo Semarang). In: Seminar Nasional Kesehatan "Sinergi 4 Pilar Pembangunan Kesehatan Masyarakat Sebagai Upaya Percepatan Pencapaian MDGs, 23-24 September 2011, Purwokerto.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBENTUKAN GERMO SADAR KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGGUNAAN KONDOM PADA WPS ) - Published Version
Download (1113Kb)

    Abstract

    Infeksi HIV/AIDS menunjukkan kecenderungan peningkatan prevalensi. Salah satu kelompok risiko tinggi tertular dan menularkan HIV adalah wanita pekerja seks (WPS). Pada tahun 2010 prevalensi HIV pada WPS di resosialisasi Argorejo Semarang mencapai 0,8%. Penyebab tingginya risiko penularan pada WPS adalah rendahnya penggunaan kondom. Studi di resosialisasi Argorejo Semarang menunjukkan hanya 56% WPS/pelanggannya yang menggunakan kondom. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan desain eksperimen semu untuk menguji efektivitas model germo sadar kesehatan terhadap tingkat penggunaan kondom oleh WPS/pelanggannya di resosialisasi Argorejo Semarang. Rancangan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan kelompok pembanding eksternal melibatkan 70 WPS yang berasal dari 14 germo. Tujuh Germo dipilih sebagai kelompok perlakuan, 7 lainnya sebagai kelompok pembanding. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan angka penggunaan kondom pada WPS/pelanggannya sebelum dan sesudah intervensi. Angka pemakaian kondom yang semula 28,6% menjadi 71,4% setelah intervensi. Beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya angka penggunaan kondom adalah masih rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, IMS dan HIV, sikap WPS, akses informasi, sikap pelanggan, serta dukungan germo terhadap praktik penggunaan kondom. Disarankan bagi para Germo untuk dapat lebih meningkatkan perhatian terhadap para WPS yang menjadi asuhannya dengan cara memberi perhatian yang baik, memberikan skill dan teknik bernegosiasi, membantu negosiasi dengan pelanggan, meningkatkan media-media komunikasi, informasi dan edukasi di lingkungan wisma termasuk di masing-masing kamar WPS, serta mempermudah akses kondom bagi WPS maupun pelanggannya.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: ISBN : 978-602-98419-0-9
    Uncontrolled Keywords: WPS, Kondom, Model Germo Sadar Kesehatan
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
    Date Deposited: 21 Aug 2013 06:33
    Last Modified: 21 Aug 2013 06:33

    Actions (login required)

    View Item