SUBTITUSI TEPUNG SINGKONG DENGAN TEPUNG IKAN TAWES DALAM PEMBUATAN KERUPUK TERHADAP KADAR PROTEIN DAN DAYA TERIMANYA (Studi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Diversfikasi Pangan Lokal Olahan di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal)


Irwan Budiono, Irwan Budiono SUBTITUSI TEPUNG SINGKONG DENGAN TEPUNG IKAN TAWES DALAM PEMBUATAN KERUPUK TERHADAP KADAR PROTEIN DAN DAYA TERIMANYA (Studi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Diversfikasi Pangan Lokal Olahan di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal). In: Seminar Nasional "Peran Pendidikan Kesehatan Masyarakat dalam Konservasi Lingkungan", Unversitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SUBTITUSI TEPUNG SINGKONG DENGAN TEPUNG IKAN TAWES DALAM PEMBUATAN KERUPUK TERHADAP KADAR PROTEIN DAN DAYA TERIMANYA]
Preview
PDF (SUBTITUSI TEPUNG SINGKONG DENGAN TEPUNG IKAN TAWES DALAM PEMBUATAN KERUPUK TERHADAP KADAR PROTEIN DAN DAYA TERIMANYA) - Published Version
Download (8MB) | Preview
Official URL: http://unnes.ac.id/

Abstract

Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal merupakan wilayah penghasil singkong yang potensial. Selain itu, kecamatan tersebut juga mempunyai potensi perikanan yang baik. Tercatat sebanyak 35 Ha lahan di wilayah tersebut digunakan untuk perikanan darat khususnya ikan tawes. Kedua pangan lokal tersebut mempunyai keunikan, yaitu di satu sisi produk olahan kerupuk singong mempunyai kadar protein hanya 1,2 gram per 100 gram. Di lain pihak produk ikan mempunyai masa simpan yang rendah, namun menmpunyai kadar protein tinggi yaitu 19 gram per 100 gram. Berdasarkan hal tersebut, maka ingin diteliti pengaruh konsentrasi penambahan tepung ikan ke dalam tepung singkong pada pembuatan kerupuk samiyer terhadap kadar protein dan daya terimanya. Penelitian ini merupakan penelitian dalam lingkup teknologi pangan dengan menggunakan eksperimen semu (eksperimen kuasi) dengan nir-acak. Desain percobaan satu faktor (single factor experiment) dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Jenis perlakuan berupa konsentrasi penambahan tepung ikan tawes 0%, 10%, 20% dan 30% ke dalam tepung singkong dari tiap kelompok dilaukan uji protein menggunakan metode Kjehdhal. Uji daya terima atas warna, aroma, rasa dan tekstur dilakukan untuk menentukan konsentrasi penambahan tepung ikan tawes pada kerupuk samiyer yang disukai. Uji statistik Anova dengan uji alternative Kruskall Wallis dan Friedman test untuk menguji pengaruh penambahan konsentrasi tepung ikan tawes pada kerupu samiyer terhadap kadar protein dan daya terimanya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa semakin tinggi konsentrasi tepung ikan tawes, semakin besar rata-rata kadar protein kerupuk, meskipun dengan uji statistic tidak dapat dibuktikan adanya pengaruh konsentrasi penambahan tepung ikan tawes ke dalam tepung singkong pada pembuatan kerupuk samiyer terhadap kadar protein. Adapun pada uji daya terima konsentrasi penambahan tepung ikan tawes 10 % memberikan tingkat kesukaan yang baik (dalam aspek warna, aoma, rasa dan tekstur) serta sumbangan protein sebesar 8,48 gram %. Dengan penelitian ini, petugas dapat mempertimbangkan pemberian makanan tambahan dari bahan dasar ikan tawes dan singkong. Selain itu, diharapkan masyarakat dapat mempraktikkan pembuatan pupuk samiyer, dalam rangka meningkatkan upaya kewirausahaan dalam bidang pangan untuk peningkatan pendapatan keluarga sekaligus memanfaatkan bahan pangan lokal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN : 978-602-8467-23-0
Uncontrolled Keywords: tepung ikan tawes, tepung singkong, kerupuk samiyer, kadar protein, dan daya terima.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
Date Deposited: 21 Aug 2013 10:33
Last Modified: 21 Aug 2013 10:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item