MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD PATEMON 01 TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENDAMPINGAN DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA DAN MEDIA BERBANTUAN KOMPUTER


Kusnandar , 4101403036 (2007) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD PATEMON 01 TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENDAMPINGAN DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA DAN MEDIA BERBANTUAN KOMPUTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD PATEMON 01 TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENDAMPINGAN DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA DAN MEDIA BERBANTUAN KOMPUTER] PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD PATEMON 01 TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENDAMPINGAN DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA DAN MEDIA BERBANTUAN KOMPUTER) - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Selama ini pembelajaran matematika di kelas V SD Patemon 01 dilakukan dengan komunikasi verbal. Keterlibatan peserta didik maupun penggunaan media dalam pembelajaran masih sangat terbatas. Di samping itu hasil belajar peserta didik pada materi pecahan masih rendah, ditunjukkan dengan rata-rata kelas hanya mencapai 6,17 dan ketuntasan belajar kelas sebesar 50%. Sebagai solusi alternatif, dilaksanakan pendampingan dalam pembelajaran matematika dengan memanfaatkan alat peraga dan media berbantuan komputer melalui penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah melalui pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga dan media berbantuan komputer, hasil belajar dan keaktifan peserta didik dapat ditingkatkan?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas V SD Patemon 01 tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pecahan melalui pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga dan media berbantuan komputer. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan masingmasing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Siklus I dilaksanakan pada 11 Oktober 2006 dan siklus II dilaksanakan pada 15 November 2006. Pada setiap siklus dilakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memperoleh hasil evaluasi siklus I dengan rata-rata mencapai 54,29, ketuntasan belajar kelas 40%, dan keaktifan peserta didik mencapai skor 2 atau 50%, serta hasil evaluasi siklus II dengan rata-rata mencapai 73,06, ketuntasan belajar kelas 69,44%, dan keaktifan peserta didik 2,83 atau 70,83% dengan kriteria baik. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual minimal 65, ketuntasan belajar kelas 65%, dan keaktifan peserta didik mencapai skor 2,6 atau 65% dengan kriteria baik. Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendampingan dengan memanfaatkan alat peraga dan media berbantuan komputer, hasil belajar peserta didik kelas V SD Patemon 01 tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pecahan dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pecahan, pendampingan, alat peraga, media belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:15
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item