SURVEI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007


Nur Huda , 6101403520 (2007) SURVEI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007] PDF (SURVEI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah : Seberapa tinggi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah 1 Semarang ?. Tujuan penelitian Untuk mengetahui seberapa tinggi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang yang berjumlah 135 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang yang berjumlah 135 siswa sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala motivasi dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor instrinsik pada diri siswa kelas XI SMA Muhammadiah 1 Semarang tahun 2006/2007 mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dan dalam kategori tinggi (72,27%) sedangkan faktor ekstrinsik juga mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dalam kategori tinggi pula (67,19%). Tingginya pengaruh faktor intrinsik terhadap motivasi siswa disebabkan siswa telah memiliki derajat kesehatan yang sangat tinggi (80,46%), selain itu mereka juga telah memiliki perhatian yang tinggi pada mata pelajaran pendidikan jasmani (72,56%), memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani (68,59%), serta memiliki bakat dalam bidang olahraga yang tinggi (66,98%). Sedangkan tingginya pengaruh faktor ekstrinsik disebabkan karena metode mengajar guru memiliki variasi yang tinggi (73,52%), alat pelajaran pendidikan jasmani yang ada memiliki inovasi dan tingkat kelengkapan yang tinggi (61,30%), waktu pelajaran memiliki kesesuaian dengan kondisi siswa yang sedang (59,51%) serta kondisi lingkungan memiliki dukungan yang tinggi (70,74%). Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain : 1) Bagi siswa hendaknya dapat mempertahankan derajat kesehatan, perhatian, minat, dan bakatnya yang telah mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani yang tinggi sebagai upaya pengembangan aspek fisik, psikomotor, kognitif dan psikis/afektif pada dirinya, 2) Bagi guru hendaknya dapat mempertahankan metode mengajarnya yang telah baik serta selalu berinovasi dalam penggunaan metode mengajar maupun sarana prasarana yang ada di sekolah agar mampu memotivasi siswa lebih aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dan 3) Bagi sekolah diharapkan untuk senantiasa berusaha meningkatkan sarana dan prasarana dalam mata pelajaran penjas seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan jasmani saat ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 04:20
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item