PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLABASKET UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR


Sandey Tantra Paramitha , 6301506018 (2008) PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLABASKET UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLABASKET UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLABASKET UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR) - Published Version
Download (536kB) | Preview

Abstract

Permainan bolabasket merupakan salah satu materi permainan bola besar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) di Sekolah Dasar dalam pelaksanaannya harus mengacu pada muatan tujuan pendidikan di antaranya mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat. Penjasorkes SD melalui materi olahraga bolabasket ditujukan untuk mengembangkan keterampilan konsep gerak permainan bolabasket dan meningkatkan kesegaran jasmani bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu model permainan bolabasket sebagai alat bantu bagi guru dalam membelajarkan siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran Penjasorkes. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, karena sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan dan tujuan yang hendak dicapai. Prosedur yang digunakan meliputi lima tahap utama yaitu : 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal model permainan bolabasket untuk siswa SD, 3) validasi ahli, 4) uji coba lapangan, dan 5) revisi produk. Subyek yang digunakan terdiri dari siswa kelas V SD N I Kunduran, SD N I Kauman, dan SD N I Ngawen berjumlah 36 siswa. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, dengan instrumen berupa kuesioner dan pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah prosentase untuk menganalisis dan penilaian subyek dalam menilai tingkat kelayakan, kualitas dan keterterimaan produk. Penelitian menghasilkan model permainan bolabasket untuk siswa SD dengan pengembangan pada sarana prasarana, peraturan, dan teknik bermain. Hasil uji efektifitas produk terhadap responden sebagai berikut : dalam memantulkan bola (Dribbling) model permainan ini adalah dalam kategori baik yaitu 61,1%, sedangkan untuk kategori kurang baik sebesar 38,9%. Untuk memasukkan bola (Shooting), responden dari semua siswa SD yang Baik adalah 72,2% sedangkan untuk kategori kurang baik sebesar 27,8%. Untuk mengoper bola (passing) kategori yang baik dengan prosentase 63,9% dan kategori kurang baik sebesar 36,1%. Hasil data untuk psikomotorik pada responden menunjukkan bahwa kategori tinggi sebesar 27,8%, kategori sedang sebesar 52,8%, dan kategori rendah sebesar 19,4%. Untuk kognitif pada responden menunjukkan bahwa kategori tinggi sebesar 16,7%, kategori sedang sebesar 72,2%, dan kategori rendah sebesar 11,1%, sedangkan untuk afektif responden menunjukkan kategori tinggi sebesar 16,7%, kategori sedang sebesar 66,6% dan kategori rendah sebesar 16,7% Model pengembangan permainan bolabasket dalam penelitian ini terbukti layak, berkualitas dan dapat diterima untuk mengembangkan keterampilan konsep gerak permainan dan meningkatkan kesegaran jasmani siswa Sekolah Dasar, karena responden dalam memainkan bola menunjukkan rata-rata kategori sedang, artinya model pengembangan permainan rata-rata dapat dimainkan (keterterimaan produk) anak usia SD serta ada perbedaan yang signifikan denyut jantung anak SD sebelum dan sesudah bermain bolabasket dengan nilai p value sebesar 0,000. Guru Penjasorkes disarankan menggunakan model permainan ini sebagai alat bantu dalam membelajarkan siswa SD dalam pembelajaran Penjasorkes. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bolabasket, penjasorkes
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2013 10:42
Last Modified: 06 Jun 2013 10:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16967

Actions (login required)

View Item View Item