PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA PERMAINAN BOLA BASKET DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 2 GUBUG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Abdul Khohar, 6301506015 (2008) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA PERMAINAN BOLA BASKET DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 2 GUBUG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA PERMAINAN BOLA BASKET DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 2 GUBUG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2007/2008)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang sering muncul dalam kegiatan pembelajaran penjasorkes adalah rendahnya minat dan motivasi siswa, kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam hal ini, salah satu penyebabnya adalah guru terkadang kurang menggunakan metode mengajar yang dapat merangsang minat dan motivasi siswa serta keaktifan siswa, di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sebagai variasi metode ceramah. Akibatnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep penjasorkes kurang baik dan hasil belajarnya rendah, sejalan dengan permasalahan di atas, perlu dilakukan penelitian yang menawarkan pendekatan pembelajaran kooperatif yaitu model Team Game Tournament (TGT), yang diasumsikan dapat meningkatkan minat dan motivasi, keaktifan serta hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya keefektifan model pembelajaran TGT dilihat dari aspek keaktifan siswa, minat, dan motivasi siswa, sifat kooperatif siswa dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan penelitian ini difokuskan pada penerapan dan pengembangan model pembelajaran kooperatif TGT di dalam proses pembelajaran Penjasorkes. Rancangan penelitian ini, adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitiannya adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Gubug Kabupaten Grobogan pada tahun pelajaran 2007/2008. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data yang meliputi observasi, angket dan tes. Temuan penelitian ini adalah dari hasil tes akhir siklus yang diperoleh dari data mengenai minat siswa yang terjadi peningkatan sebesar 38,98 %, keaktifan siswa yang meningkat sebesar 42,36 %, nilai rata-rata yang meningkat sebesar 2,67 poin serta ketuntasan belajar meningkat sebesar 16 %. Rekomendasi yang disampaikan adalah agar para guru menggunakan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran penjasorkes dan bidang studi lain karena hasil penelitian menunjukkan keefektifannya. Perlunya dilakukan penelitian serupa dengan studi ini, dengan mengambil subyek sampel yang lebih luas dan dilengkapi dengan obyek bidang studi lain. Dipilih konsep-konsep esensial untuk tiap bidang studi yang kemudian dirancang metode mengajar yang dapat merangsang minat dan motivasi serta keaktifan siswa. Perlunya dikembangkan suatu model pengujian hasil belajar siswa yang memungkinkan siswa menggunakan kemampuan penalarannya secara optimal dan menghubungkan proses berfikir yang lebih tinggi, serta perlu dilakukan action research, untuk mengetahui apakah metode mengajar dan model yang disarankan benar-benar efektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Model Team Game Tournament (TGT). Prestasi Akademik, Keaktifan, Minat dan motivasi Sifat Kooperatif Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 06 Jun 2013 10:39 |
Last Modified: | 06 Jun 2013 10:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16966 |
Actions (login required)
View Item |