KEEFEKTIVAN KOMBINASI MODEL BELAJAR BERSAMA DAN TURNAMEN KELOMPOK BERBANTUAN VCD PEMBELAJARAN PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA SD KELAS IV


Sofwan Hadi , 4101506041 (2008) KEEFEKTIVAN KOMBINASI MODEL BELAJAR BERSAMA DAN TURNAMEN KELOMPOK BERBANTUAN VCD PEMBELAJARAN PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA SD KELAS IV. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIVAN KOMBINASI MODEL BELAJAR BERSAMA DAN TURNAMEN KELOMPOK BERBANTUAN VCD PEMBELAJARAN  PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA SD KELAS IV]
Preview
PDF (KEEFEKTIVAN KOMBINASI MODEL BELAJAR BERSAMA DAN TURNAMEN KELOMPOK BERBANTUAN VCD PEMBELAJARAN PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA SD KELAS IV) - Published Version
Download (594kB) | Preview

Abstract

Bagi kebanyakan siswa, matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar matematika yang belum memuaskan. Guru dituntut untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan memilih model pembelajaran yang sesuai. Di antara model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model belajar bersama dan model belajar turnamen. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab apakah kombinasi model belajar bersama dan turnamen kelompok berbantuan VCD pembelajaran efektif ? Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Getasan Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Populasi kelas IV dengan sampel Kelas IVA sebagai kelas kontrol dan Kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas penelitian adalah motivasi siswa dan keterampilan proses siswa, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Kombinasi model belajar ini efektif apabila mencapai tuntas belajar, terdapat pengaruh motivasi dan keterampilan proses terhadap hasil belajar dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dengan hasil belajar kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi siswa, keterampilan proses dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar, rata-rata motivasi siswa 69,03, keterampilan proses siswa 72,27 dan hasil belajar siswa 70,73. Motivasi dan keterampilan proses siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 57,4 %, dan diperoleh perbedaan kemampuan hitung perkalian pada kelas eksperimen yang menggunakan kombinasi model belajar bersama dengan kelas kontrol yang menggunakan model belajar ekpositori, Kelas ekperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata kelas ekperimen 70,73 dan kelas kontrol 66,14. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan, tercapainya ketuntasan belajar, adanya pengaruh positif motivasi siswa dan keterampilan proses siswa terhadap hasil belajar siswa dan kemampuan hitung perkalian kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol maka penggunakan kombinasi model belajar bersama dan turnamen kelompok berbatuan VCD pembelajaran efektif dalam meningkatkan kemampuan hitung perkalian siswa. Diharapkan guru menerapkan dalam pembelajaran khususnya pada materi operasi perkalian kelas IV.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kombinasi model belajar, belajar bersama, turnamen kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2013 10:20
Last Modified: 06 Jun 2013 10:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16962

Actions (login required)

View Item View Item