KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA STRATEGI MULTI LEVEL LEARNING YANG KOMPETITIF BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA


MUH.TOHA, 4101506026 (2008) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA STRATEGI MULTI LEVEL LEARNING YANG KOMPETITIF BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA STRATEGI  MULTI LEVEL LEARNING YANG KOMPETITIF BERBANTUAN CD INTERAKTIF  TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA  MATERI LOGIKA MATEMATIKA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA STRATEGI MULTI LEVEL LEARNING YANG KOMPETITIF BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa masih rendah, karena masih banyak guru menggunakan strategi konvensional dalam pembelajarannnya, paradigma mengajar bagi guru harus segera dirubah menjadi belajar buat siswa, keberhasilan pembelajaran bukan hanya pada guru tetapi juga siswa, sehingga strategi pembelajaran yang efektif dari guru akan mampu meningkatkan hasil belajar bagi siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pembelajaran baru yaitu strategi Multi Level Learning (MLL), yang diadopsi dari strategi bisnis Multi Level Marketing yaitu sistem pemasaran yang dilakukan oleh seseorang dan grupnya sehingga pelaku akan mendapat keuntungan dari hasil aktivitas pribadi dan grupnya, jadi Multi Level Learning (MLL) dimaksudkan disini adalah sebuah sistem pembelajaran yang bertingkat, keberhasilan mencapai prestasi dalam pembelajaran ini tak hanya terletak pada satu individu namun ditunjang oleh kerja sama yang dibangun lewat grupnya. Dalam strategi MLL ini memanfaatkan potensi siswa yang memiliki kemampuan untuk menjadi sumber belajar bagi temannya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Brebes, jalan MT.Haryono No. 78 Brebes tahun pelajaran 2007/2008, dengan mengambil sampel kelas eksperimen dengan strategi MLL kelas X-1 sebanyak 39 siswa, kelas kontrol dengan strategi konvensional kelas X-7 sebanyak 42 siswa, sedangkan kelas ujicoba diambil kelas X-3 sebanyak 43 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari strategi MLL yang kompetitif berbantuan CD interaktif sebagai berikut: 1) hasil belajar mencapai tuntas belajar, 2) keaktifan berpengaruh terhadap hasil belajar, 3) keterampilan roses berpengaruh terhadap hasil belajar, 4) keaktifan dan keterampilan proses secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, 5) rata – rata hasil belajar lebih baik dibandingkan kelas konvensional. Dari hasil penelitian di atas, disarankan sebagi berikut: 1) Guru tidak mengajar hanya dengan ceramah saja 2) Guru harus dapat memilih strategi yang efektif salah satunya yaitu strategi Multi Level Learning 3) Kepala sekolah senantiasa meningkatkan kemampuan guru dengan memberi kesempatan mengikuti penataran, seminar – seminar tentang pendidikan guna meningkatkan pengetahuannya 4) Masyarakat senantiasa mendukung sekolah guna peningkatan mutu pendidikan di SMA 3 Brebes baik dari segi materiil maupun non materiil. 5) Dukungan aktif pemerintah lewat peningkatan kompetensi guru baik melalui bimbingan maupun pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multi Level Learning yang kompetitif berbantuan CD Interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2013 10:16
Last Modified: 06 Jun 2013 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16961

Actions (login required)

View Item View Item