KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI GEOMETRI KELAS VIII

Rudi Marwanto, 4101506019 (2008) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI GEOMETRI KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI GEOMETRI KELAS VIII) - Published Version
Download (899Kb)

    Abstract

    Permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan materi geometri sangat perlu di berikan kepada siswa agar pembelajaran yang di lakukan lebih bermakna dan tidak membosankan, diperlukan strategi pembelajaran yang berorientasi pada siswa, dapat melibatkan siswa secara aktif, dan siswa dapat menggunakan pengetahuan yang telah dimilikinya untuk membangun pengetahuan yang baru. Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui apakah aktivitas dan keterampilan proses siswa pada pembelajaran menggunakan strategi kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar, apakah hasil belajar siswa kelas VIII pada materi luas dan volume limas dengan menggunakan strategi kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran lebih baik dari pada strategi konvensional, apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi luas dan volume limas dengan menggunakan strategi kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran dan strategi konvensional antara kelompok atas, tengah dan bawah, serta apakah penggunaan strategi kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal hasil belajar siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang dengan populasi siswa Kelas VIII yang terdiri dari 6 kelas paralel, setelah dilakukan teknik cluster random sampling kemudian terpilih 1 kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran dan 1 kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sebagai variabel bebas adalah aktivitas dan keterampilan proses siswa sedangkan variabel yang dipengaruhi adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh aktivitas dan keterampilan proses terhadap hasil belajar pada kelas eksperimen. Hasil uji banding dengan independence t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperiemen dengan kelompok kontrol, (3) hasil uji banding (Two Way Anava) menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara ketiga kelompok, dan strategi kooperatif tipe STAD berbantuan CD cocok diterapkan pada kelompok atas dan kelompok tengah, (4) hasil uji t (one sample t test) memperlihatkan hasil belajar siswa mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dengan kata lain pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran efektif

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Pembelajaran, Kooperatif tipe STAD, CD Pembelajaran, Limas
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Jun 2013 06:13
    Last Modified: 06 Jun 2013 06:13

    Actions (login required)

    View Item