EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAIN TEKNOLOGI MASYARAKAT ( STM ) BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN

Akhmad Saefuludin, 4001506026 (2008) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAIN TEKNOLOGI MASYARAKAT ( STM ) BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAIN TEKNOLOGI MASYARAKAT ( STM ) BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN) - Published Version
Download (2045Kb)

    Abstract

    Pembelajaran kimia memiliki potensi yang besar dalam menyiapkan sumber daya manusia menghadapi era industri dan era globalisasi. Untuk mewujudkan potensi tersebut, diperlukan inovasi model pembelajaran yang mampu menjembatani antara kemajuan iptek dan dampaknya terhadap masyarakat, salah satunya adalah model pembelajaran Sain Teknologi Mayarakat (STM). Pendekatan STM merupakan bentuk penhajaran yang tidak hanya menekankan penguasaan konsep sain saja, tetapi menekankan peran sain dan teknologi dalam berbagai kehidupan serta menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial terhadap dampak sain dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mensosialisasikan proses pembelajaran yang menyenangkan dengan bantuan CD Pembelajaran dan meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pre test-post test Comparasion Group Design. Sebagai variabel bebas adalah model pembelajaran pada hipotesis satu dan hipotesis tiga, aspek sikap dan aktivitas pada hipotesis dua, sedangkan sebagai variabel terikat pada hipotesis ketiga adalah hasil belajar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur prestasi, instrumen observasi untuk mengukur aktivitas siswa, dan instrumen angket untuk mengukur sikap siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kimia dengan pendekatan STM berbantuan CD Pembelajaran diperoleh rata-rata post test 6,61, rata-rata aktivitas 2,63, rata-rata sikap siswa 78,6 dan t hitung ketuntasan 0,412, t hitung aktivitas 3,332, t hitung sikap 3,193, t hitung perbedaan hasil belajar 2,119. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: pembelajaran STM berbantuan CD Pembelajaran dapat mencapai ketuntasan, terdapat pengaruh positip antara sikap dan aktivitas terhadap hasil belajar, dan terdapat perebedaan hasil belajar antara pembelajaran STM berbantuan CD Pembelajaran dengan pembelajaran STM tanpa berbantuan CD Pembelajaran. Disarankan, untuk dapat meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran kimia, sebaiknya guru dapat memahami dan mampu menguasai metode pendekatan STM serta mahir dalam membuat media pembelajaran berbasis komputer.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: efektivitas, STM, CD Pembelajaran
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Jun 2013 05:05
    Last Modified: 06 Jun 2013 05:05

    Actions (login required)

    View Item