PENGEMBANGAN MODEL INVESTIGATIVE FIELD WORK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA, MINAT DAN KERJA ILMIAH SISWA


Agung Purwoko, 4001502013 (2007) PENGEMBANGAN MODEL INVESTIGATIVE FIELD WORK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA, MINAT DAN KERJA ILMIAH SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL INVESTIGATIVE FIELD WORK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA, MINAT DAN KERJA ILMIAH SISWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL INVESTIGATIVE FIELD WORK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA, MINAT DAN KERJA ILMIAH SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Berbasis kompetensi, menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Siswa perlu dibantu untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses supaya mereka mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar (Depdiknas,2003a). Kegiatan pembelajaran biologi dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti pengamatan, pengujian/penelitian, diskusi, penggalian informasi mandiri melalui tugas baca, wawancara nara sumber, simulasi/bermain peran, nyanyian, demonstrasi/peragaan model. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang banyak digunakan guru biologi untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam pembelajaran konsep Lingkungan adalah pengamatan lapangan. Pada umumnya kegiatan siswa dalam melakukan pengamatan lapangan adalah membaca Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah disediakan, menyediakan alat dan bahan, melakukan pengamatan sesuai cara kerja yang ada, kemudian menyusun laporan hasil pengamatan. Kegiatan pengamatan lapangan tidak dirancang khusus untuk membantu siswa memahami konsep, mengembangkan minat keterampilan kerja ilmiah melalui kegiatan pengamatan yang bersifat investigatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model Investigative Field Work dalam pembelajaran biologi, yang meliputi pengembangan bahan ajar bertema lingkungan, lembar kerja pengamatan lingkungan, lembar kerja tugas proyek pembuatan ekosistem mini dan tes untuk menguji pemahaman siswa terhadap konsep lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan atau memodifikasi desain penelitian dan pengembangan pendidikan (Educational Research and Develeopment) menurut Kempt et al. (1994). Tahapan penelitian dan pengembangan tersebut adalah: (1) analisis tujuan, (2) analisis karakteristik siswa, (3) merumuskan tujuan pembelajaran, (4) merancang strategi pembelajaran, (5) desain awal perangkat pembelajaran, (6) Uji coba lapangan, (7) analisis data, (8) validasi pakar, (9) penyusunan laporan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa model Investigative Field Work dalam pembelajaran biologi meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep lingkungan pada uji coba 1 dan uji coba 2, meningkatkan kerja ilmiah siswa, dan meningkatkan minat mempelajari biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Investigative Field Work, konsep, minat, kerja ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2013 08:53
Last Modified: 06 Jun 2013 08:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16953

Actions (login required)

View Item View Item